Jelang Pemakaman Gus Sholah, Polres Jombang Terapkan Rekayasa Lalin

Berlaku mulai pukul 10.00 WIB hingga selesai

Jombang, IDN Times - Ulama kharismatik sekaligus tokoh Nahdlatul Ulama (NU) Salahuddin Wahid atau Gus Sholah akan dimakamkan di pemakaman keluarga besar Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng, Jombang, Senin petang (3/2). Guna memperlancar prosesi pemakaman, terutama di jalan akses menuju Tebuireng, Satlantas Polres Jombang telah menyiapkan rekayasa lalu lintas (lalin).

1. Polisi antisipasi kemacetan

Jelang Pemakaman Gus Sholah, Polres Jombang Terapkan Rekayasa LalinSimpang Empat Jalan Wahid Hasyim, Jombang yang menjadi akses masuk ke Ponpes Tebuireng ditutup oleh polisi. IDN Times/Zainul Arifin

Guna mengantisipasi kemacetan, kepolisian akan mengalihkan arus kendaraan yang akan menuju lokasi pemakaman di Pondok Pesantren Tebuireng, Desa Cukir, Kecamatan Diwek, Jombang.

“Kami akan melakukan rekayasa lalu lintas agar arus lalu lintas tertata saat kedatangan jenazah dan proses pemakaman berlangsung,” jelas Kasatlantas Polres Jombang AKP A Risky Ferdian Caropeboka kepada IDN Times di Ponpes Tebuireng, Senin pagi (3/2).

2. Sterilisasi kendaraan diberlakukan mulai simpang tiga Blimbing Gudo

Jelang Pemakaman Gus Sholah, Polres Jombang Terapkan Rekayasa LalinKasatlantas Polres Jombang AKP A Risky Ferdian Caropeboka. IDN Times/Zainul Arifin

Pengalihan arus lalu lintas yang akan dilakukan di antaranya dari arah selatan Jombang mulai simpang tiga Blimbing Gudo, kendaraan masuk akan disterilkan. Lalu kendaraan yang melewati simpang tiga Pabrik Gula (PG) Tjoekir akan dialihkan ke arah Kecamatan Mojowarno.

Sedangkan arus lalu lintas dari arah kota atau utara di Jalan KH Wahid Hasyim akan dialihkan dari simpang empat jalan Wahid Hasyim atau tepatnya di perlintasan Kereta Api.

“Sejumlah petugas satlantas juga akan ditempatkan di simpul-simpul kemacetan untuk mengurai kepadatan arus,” tuturnya.

Baca Juga: Ini Isi Pesan Gus Sholah Saat Terakhir Kali Bertemu Presiden Jokowi

3. Petakziah boleh masuk, kendaraan umum dialihkan

Jelang Pemakaman Gus Sholah, Polres Jombang Terapkan Rekayasa LalinSuasana Ponpes Tebuireng, Jombang, Senin pagi (3/2). IDN Times/Zainul Arifin

Mantan Kasatlantas Polresta Kediri ini mengungkapkan, pengalihan arus lalu lintas itu di berlakukan mulai pukul 10.00 WIB hingga berakhirnya proses pemakaman adik Kandung KH Abdurrahman Wahid, Presiden ke-4 RI.

"Kalau orang yang takziah diperbolehkan. Yang dilarang melintas adalah kendaraan umum, seperti bus dan angkutan umum," ujarnya.

4. Ratusan personel Polres Jombang sudah siaga di Tebuireng

Jelang Pemakaman Gus Sholah, Polres Jombang Terapkan Rekayasa LalinLokasi makam Gus Sholah di pemakaman keluarga besar Ponpes Tebuireng, Jombang. IDN Times/Zainul Arifin

Berdasar pantauan IDN Times, hingga pukul 11.00 WIB ratusan anggota Polres Jombang telah disiagakan untuk mengamankan sekitar lokasi ponpes Tebuireng. Berdasarkan informasi yang didapat, jenazah telah diterbangkan dari bandara Halim Perdana Kusuma dan tiba di bandara Juanda sekitar jam 11.30 WIB. Setelah itu, menuju ke Ponpes Tebuireng Jombang. Sesuai wasiatnya, Gus Sholah akan dimakamkan di utara makam ayahnya KH Wahid Hasyim, Kompleks Makam keluarga Pondok Pesantren Tebuireng.

Sebagaimana diketahui, Gus Sholah wafat Senin malam (2/2) pada pukul 20.59 WIB di Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta. Gus Sholah sempat menjalani operasi jantung karena sakit. Kondisinya dikabarkan kritis hingga akhirnya meninggal dunia. Gus Sholah meninggalkan seorang istri, tiga anak, dan enam cucu.

Laporan Kontributor Jombang IDN Times Jatim, Zainul Arifin

Baca Juga: Sesuai Wasiat, Gus Sholah akan Dimakamkan Di Samping Pusara Sang Ayah

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya