Comscore Tracker

Sembuh dari COVID-19, 10 Santri Pesantren Gontor Jalani Karantina Lagi

Kamu yang di pesantren hati-hati ya

Ponorogo, IDN Times - Sepuluh dari 11 santri Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) Kampus 2 di Ponorogo, yang sempat dinyatakan positif virus corona akhirnya dinyatakan negatif COVID-19, setelah hasil tes swab ketiga yang dikeluarkan pada Rabu 15 Juli 2020. Mereka telah menjalani karantina di Rumah Sakit Lapangan Indrapura, Surabaya, Jawa Timur.

Juru Bicara Satgas COVID-19 Gontor Ustaz M Adib Fuadi Nuriz mengatakan 10 santri yang sudah sembuh dari virus corona itu akan dipulangkan ke pondok pesantren dalam waktu dekat. Di pesantren, mereka tetap akan menjalani karantina lanjutan selama 14 hari.

1. Mereka akan menjalani karantina 14 hari di pondok pesantren

Sembuh dari COVID-19, 10 Santri Pesantren Gontor Jalani Karantina LagiPintu gerbang Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 2 di Ponorogo. Dok.IDN Times/Istimewa

Adib mengatakan meski sudah dinyatakan negatif virus corona, 10 santri akan tetap menjalani karantina lanjutan selama 14 hari di pondok pesantren. Karantina dilakukan untuk memulihkan kondisi kesehatan mereka secara total.

Selama masa karantina berlangsung, menurut Adib, mereka tetap ada pendampingan dari pengasuh pondok pesantren.

“Kami akan menyambut mereka untuk membangun psikologisnya, setelah terpapar COVID-19,” ujar dia dalam keterangan tertulis yang diterima, Rabu malam, 15 Juli 2020.

Santri lain di pondok pesentren juga diminta memberikan dukungan mental. Namun, tetap harus menerapkan protokol kesehatan, agar COVID-19 tidak kembali menyebar di lingkungan pesantren terbesar di Indonesia itu.

“Informasi dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Jawa Timur, santri yang telah dinyatakan negatif boleh beraktivitas secara normal. Tapi tetap harus hati-hati dan dikarantina di pondok,” kata Adib.

Baca Juga: Hasil Swab Ketiga, 10 Santri Gontor Negatif COVID-19 

2. Sebanyak 11 santri reaktif saat rapid test

Sembuh dari COVID-19, 10 Santri Pesantren Gontor Jalani Karantina LagiRuangan yang dijadikan sebagai posko terpadu penanganan COVID-19 di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 2 di Ponorogo. Dok.IDN Times/Istimewa

Adib menjelaskan upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Pondok Gontor memang tengah digalakkan, setelah ditemukan 11 kasus positif virus corona. Mereka merupakan santri yang sebelumnya menjalani rapid test dengan hasil reaktif.

Belasan santri itu sempat dikarantina di Wisma Darussalam. Kemudian, spesimennya diambil dan dites di laboratorium dengan metode polymerase chain reaction (PCR), dan hasilnya diketahui positif COVID-19.

3. Belasan santri yang positif virus corona menjalani karantina di Rumah Sakit Lapangan Indrapura

Sembuh dari COVID-19, 10 Santri Pesantren Gontor Jalani Karantina LagiSejumlah santri Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 2 sedang melakukan aktivitas. Dok. IDN Times/Istimewa

Sebelumnya, Tim Kerjasama Satgas COVID-19 Gontor Ustaz H Munif Attamimi mengatakan 11 santri yang diketahui positif COVID-19 sebelumnya telah menjalani karantina di Rumah Sakit Lapangan Indrapura, Surabaya.

Baca Juga: 11 Santri Gontor yang Terpapar COVID-19 Dinyatakan Baik 

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya