Nurdin Sulit Jelaskan Kekalahan Jokowi di Sulsel

Didukung sejumlah tokoh asli Sulsel

Makassar, IDN Times - Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah mengaku tidak bisa menjelaskan secara rinci faktor penyebab kekalahan pasangan nomor urut satu Joko Widodo- Ma’ruf Amin di wilayahnya. Sejumlah lembaga survei memperkirakan kekalahan Jokowi di Sulsel melalui quick count. 

Meskipun hasil resmi belum tuntas dihitung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Nurdin mengatakan, “Susah kita jelaskan karena semua upaya sudah kita lakukan."

1. Nurdin: yang penting secara nasional menang

Nurdin Sulit Jelaskan Kekalahan Jokowi di SulselIDN Times/Didit Hariyadi

Meski menang secara nasional versi quick count, Nurdin belum mengetahui penyebab jagoannya kalah di Sulsel. Apalagi, masih versi sama, Partai Golkar sebagai salah satu pengusung Jokowi-Ma'ruf memperoleh suara terbanyak di Sulsel. 

Hitung cepat Indikator Prabowo-Sandi unggul dengan 53 persen suara dari Jokowi-Ma’ruf mengumpulkan 43 persen suara. Kemudian Charta Politika Prabowo-Sandi meraih 61 persen suara dan 39 persen untuk Jokowi-Ma’ruf.  “Yang penting secara nasional menang,” kata Nurdin.

Baca Juga: TKD Jokowi-Amin Akui Kalah di Sulsel, Kampung Halaman JK

2. Sejumlah tokoh nasional mendukung

Nurdin Sulit Jelaskan Kekalahan Jokowi di SulselIDN Times/Ganug Nugroho

Sejumlah tokoh nasional--termasuk putra asli Sulsel Jusuf Kalla--memberikan dukungan kepada petahana. Selain JK,  sejumlah pejabat juga tercatat memberikan dukungannya untuk Jokowi, mulai dari Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Nurdin Halid, dan kepala daerah seperti Nurdin Abdullah dan Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto.

Akan tetapi pasangan Jokowi-Ma’ruf kalah di kampung halaman mereka. Di lokasi pencoblosan Nurdin Abdullah TPS 42 Perumahan Dosen Universitas Hasanuddin (Unhas), suara Prabowo-Sandi sebanyak 140 dan  Jokowi-Ma’ruf hanya 51 suara.

Sedangkan di TPS 1 Maricaya Selatan, Kecamatan Mamajang tempat Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto mencoblos, Prabowo-Sandi meraih 101 suara dan Jokowi-Amin mendapat 94 suara.

3. Gubernur Sulsel tunggu hasil resmi KPU

Nurdin Sulit Jelaskan Kekalahan Jokowi di SulselIDN Times / Aan Pranata

Nurdin Abdullah mengatakan saat ini pihaknya menunggu hasil resmi saja dari KPU Sulsel. Karena real count yang menentukan secara resmi menang atau kalah pasangan Jokowi-Maruf di Sulsel. “Kita belum tahu, jadi tunggu saja setelah penetapan KPU,” tutur Nurdin.

Oleh karena itu saat ini masyarakat harus menyatu kembali merajuk silaturahmi setelah tujuh bulan bersitegang.

Baca Juga: Pertarungan Jokowi vs Prabowo Berkaca ke Pemilu 2014

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya