Comscore Tracker

Meski Jadi Rujukan, RSUP Persahabatan Tak Keluarkan Surat Bebas Corona

RSUP Persahabatan hanya keluarkan surat kondisi tidak ISPA

Jakarta, IDN Times - Direktur Utama Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan, dr Rita Rogayah menegaskan bahwa saat ini pihaknya tidak mengeluarkan surat keterangan bebas corona, Kamis (5/3).

"Kami hanya melayani konsultasi, bagi mereka yang ingin bertanya dan melakukan pemeriksaan," kata dr Rita, dalam jumpa pers di RSUP Persahabatan, Jakarta Timur, Kamis (5/3).

1. RSUP Persahabatan hanya keluarkan surat bebas ISPA

Meski Jadi Rujukan, RSUP Persahabatan Tak Keluarkan Surat Bebas CoronaDirektur Utama RSUP Persahabatan, dr. Rita Rogayah, saat jumpa pers, Kamis (5/3). (IDN TIMES/Dimas Fitra Dirgantara)

Rita mengatakan pihak RSUP Persahabatan hanya mengeluarkan surat keterangan bahwa yang bersangkutan tidak dalam kondisi infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), bukan surat keterangan bebas corona.

"Pada orang sehat kami tidak melakukan pemeriksaan lanjut terkait virus corona. Jadi yang kami lakukan pemeriksaan khusus untuk virus corona bila ada gejala, kontak erat, atau dari negara terjangkit," katanya.

Baca Juga: Call Center Dinkes DKI soal Virus Corona Sudah Terima 2.000 Panggilan

2. Untuk menyatakan bebas corona ada kriteria tertentu

Meski Jadi Rujukan, RSUP Persahabatan Tak Keluarkan Surat Bebas CoronaIlustrasi (IDN Times/Sukma Shakti)

Kendati demikian, Rita mengatakan bahwa pihaknya tidak menutup kemungkinan untuk mengikuti arahan pusat bila ada kebijakan untuk mengeluarkan surat keterangan bebas corona.

"Seandainya kebijakan itu ada, kami akan siap karena untuk menyatakan bebas corona itu ada kriteria tertentu. Jangan sampai kita mengeluarkan keterangan bebas corona dalam masa inkubasi," katanya.

3. Sudah banyak masyarakat yang melakukan tes kesehatan di RSUP Persahabatan

Meski Jadi Rujukan, RSUP Persahabatan Tak Keluarkan Surat Bebas Coronavrroom.buzz

Rita mengatakan sampai saat ini, sudah banyak orang yang memeriksakan kesehatannya di RSUP Persahabatan.

"Setiap hari ada, tapi tidak sebanyak hari pertama. Mungkin mereka juga sudah menyadari kami tidak mengeluarkan surat bebas corona, karena mereka sebetulnya menuntut surat kami, bebas corona, " tambahnya.

Baca artikel menarik lainnya di IDN App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Pemerintah Bentuk Protokol untuk Penanganan Virus Corona, Apa Saja?

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya