Comscore Tracker

RS Mitra Keluarga Depok Tetap Ramai Usai Rawat Pasien Virus Corona

Namun pasien RS Mitra Keluarga Depok cukup khawatir

Jakarta, IDN Times - Kekhawatiran masyarakat Indonesia semakin meningkat, setelah pemerintah umumkan kasus virus corona atau Covid-19 pertama di Indonesia.

Pantauan IDN Times di Rumah Sakit Mitra Keluarga Depok, Jawa Barat, Senin (2/3), masyarakat yang ingin berobat dan para pekerja rumah sakit terlihat memakai masker sebagai perlindungan diri dari virus asal Tiongkok itu.

1. Warga yang berobat di RS Mitra Keluarga Depok khawatir

RS Mitra Keluarga Depok Tetap Ramai Usai Rawat Pasien Virus CoronaSuasana terkini Rumah Sakit Mitra Keluarga Depok, Jawa Barat, Senin (2/3). (IDN TIMES/Dimas Fitra Dirgantara)

Rumah Sakit Mitra Keluarga Depok ini diketahui sebagai rumah sakit pertama dua pasien yang terinfeksi virus corona pertama di Indonesia yang diumumkan pemerintah.

"Agak khawatir sih, makanya saya pakai masker buat perlindungan pertama dan jaga-jaga," kata seorang warga yang ingin berobat di rumah sakit yang tak jauh dari Balai Kota Depok itu.

RS Mitra Keluarga Depok Tetap Ramai Usai Rawat Pasien Virus Corona(IDN Times/Arief Rahmat)

Baca Juga: 2 Warga Positif Virus Corona, Menkes: RI Masih Terbuka Wisatawan Asing

2. Puluhan perawat dan pegawai RS Mitra Keluarga Depok dirumahkan

RS Mitra Keluarga Depok Tetap Ramai Usai Rawat Pasien Virus CoronaRumah Sakit Mitra Keluarga Depok (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Sebanyak 76 perawat Rumah Sakit Mitra Keluarga Depok juga sudah dirumahkan, setelah muncul kasus virus corona ini. Meski negatif virus corona, mereka sempat terlibat kontak langsung dengan dua pasien yang terinfeksi virus corona.

Karena itu, pihak rumah sakit mengambil tindakan untuk para perawat dan pekerja rumah sakit tersebut, dengan merumahkan agar mereka tidak menularkan pada orang lain.

3. Presiden Jokowi umumkan kasus virus corona pertama di Indonesia

RS Mitra Keluarga Depok Tetap Ramai Usai Rawat Pasien Virus CoronaPresiden Jokowi memberikan keterangan pers di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin 2 Maret 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Presiden Joko "Jokowi" Widodo telah mengumumkan kasus virus corona atau Covid-19 pertama di Indonesia. Dia mengatakan kasus tersebut diketahui pemerintah setelah adanya isu warga negara asing (WNA) Jepang positif terkena virus mematikan itu, setelah dari Indonesia.

"Begitu ada informasi bahwa orang Jepang yang ke Indonesia kemudian tinggal di Malaysia dan dicek di sana positif corona, tim dari Indonesia langsung telusuri," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (2/3).

Tim dari Indonesia, kata Jokowi, kemudian menelusuri jejak WNA tersebut. Ternyata, WNA Jepang itu positif terkena virus corona, setelah menemui istri dan anaknya di Indonesia yang berdomisili di Depok, Jawa Barat.

"Ternyata orang yang terkena virus corona berhubungan dengan dua orang, ibu 64 tahun dan putrinya 31 tahun. Cek tim kita ternyata posisi yang sakit. Dicek dan tadi pagi saya dapat laporan dari Pak Menkes bahwa ibu ini dan putrinya positif corona," ucap Jokowi.

https://www.youtube.com/embed/11Z_De-8EJY

Baca Juga: 2 Warga Depok Positif Virus Corona, Masker di Pasaran Semakin Langka

Topic:

  • Dimas Fitra Dirgantara
  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya