Sempat Macet Saat Aksi Tanjung Priok, Jalan Rasuna Said Kembali Normal

Aksi protes warga Tanjung Priok berjalan damai

Jakarta, IDN Times - Seratusan warga Tanjung Priok, Jakarta Utara yang mendatangi Gedung Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Jakarta Selatan, akhirnya membubarkan diri pukul 14.20 WIB.

Mereka bubar setelah menggelar aksi protes terkait pernyataan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly, yang menyebut Tanjung Priok sebagai daerah miskin yang melahirkan kriminal. 

Aksi di depan Gedung Kemenkumham tersebut sempat membuat lalu lintas terhenti. Namun, setelah demonstran membubarkan diri, lalu lintas terpantau kembali normal.

Baca Juga: Warga Tanjung Priok Protes Kemenkumham Yasonna Laoly, Kenapa?

1. Terjadi pengalihan arus selama aksi protes berlangsung

Sempat Macet Saat Aksi Tanjung Priok, Jalan Rasuna Said Kembali NormalIDN Times/Sunariyah

Sempat terjadi pengalihan arus lalu lintas selama aksi protes berlangsung. "Ada beberapa ruas jalan yang kami alihkan, dari Kedutaan Malaysia ke arah Jl. Rasuna Said dialihkan menuju Jl. Denpasar Raya. Kemudian dari arah Jl. HOS Cokroaminoto - Jl. Rasuna Said, putaran balik kami tutup dan kami langsung luruskan ke arah Mampang," kata Sri Widodo, Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Jakarta Selatan.

Namun, mulai pukul 14.50 WIB, beberapa ruas jalan yang sempat ditutup sudah kembali normal.

2. Aksi protes berjalan damai meski massa membeludak

Sempat Macet Saat Aksi Tanjung Priok, Jalan Rasuna Said Kembali NormalIDN Times/Sunariyah

Widodo mengatakan, selama aksi protes berlangsung, penyampaian aspirasi masyarakat Tanjung Priok berjalan damai. Namun, karena massa yang membeludak, arus lalu lintas terpaksa tersendat. 

"Alhamdulillah lancar. Dari lima lajur yang ada, tiga lajur digunakan untuk penyampaian aspirasi. Begitu masa sudah membeludak terpakai lagi satu lajur, jadi tinggal menyisakan satu lajur yang bisa mengalir," kata Widodo.

3. Massa aksi meninggalkan sampah di sepanjang jalan depan Gedung Kemenkumham

Sempat Macet Saat Aksi Tanjung Priok, Jalan Rasuna Said Kembali NormalIDN Times/Dimas Fitra Dirgantara

Meski aksi berjalan lancar, massa meninggalkan sampah yang berserakan di sepanjang jalan depan Gedung Kemenkumham.

Terlihat banyak sampah memenuhi badan jalan dan trotoar di depan Gedung Kemenkumham. Petugas kebersihan yang ada di area tersebut langsung membersihkan sisa-sisa sampah yang ditinggalkan massa aksi.

Baca Juga: DJKI Kemenkumham Tindak Kontainer Berisi Pulpen Tiruan Asal Tiongkok

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya