WNI di Natuna akan Dipulangkan pada Sabtu Siang 15 Februari

Pemerintah akan fasilitasi WNI sampai ke kampung halamannya

Jakarta IDN Times - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal Doni Monardo mengatakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang saat ini sedang menjalani masa observasi di Natuna akan dipulangkan pada Sabtu (15/2).

Sesuai dengan prosedur yang dikeluarkan oleh World Health Organization (WHO), masa inkubasi bagi para WNI yang datang dari Wuhan, Tiongkok, dilaksanakan selama 14 hari.

"Sesuai dengan alokasi waktu, selama 14 hari sejak diterima di Natuna, maka jatuh pada tanggal 15 Februari yang akan datang jam 12 siang. Dan rencananya akan dilepas langsung oleh Pak Kemenko hari Sabtu di Lanud Raden Sajad," kata Doni saat jumpa pers di Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Jakarta, Kamis (13/2).

1. WNI akan dijemput menuju Lanud Halim Perdanakusuma

WNI di Natuna akan Dipulangkan pada Sabtu Siang 15 FebruariWikimedia.org/ Akhmad Fauzi

Pada proses penjemputan WNI di Natuna, Tentara Nasional Indonesia (TNI) telah mengalokasikan 4 unit pesawat untuk membawa para WNI tersebut menuju Lapangan Udara Halim Perdanakusuma. Setelah itu, mereka baru akan menuju daerahnya masing-masing.

"Pemerintah, dalam hal ini BNPB, telah menyiapkan tiket pesawat untuk WNI kita yang akan kembali ke kampung halamannya, kemudian mereka nanti akan diatur oleh perwakilan dari tiap-tiap daerah untuk penjemputannya di Lanud Halim Perdanakusuma, setelah tiba," kata Doni.

Baca Juga: Observasi Corona Selesai, Begini Proses Pemulangan 238 WNI di Natuna

2. Pemerintah juga akan memfasilitasi bagi WNI yang akan kembali ke kampung halamannya pada hari Minggu

WNI di Natuna akan Dipulangkan pada Sabtu Siang 15 FebruariKonferensi Pers Menko PMK dan Kepala BNPB (Dok. Humas Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan)

Selain itu, bagi WNI yang ingin kembali ke kampung halamannya pada esok harinya, yakni pada Minggu (16/2), pemerintah juga akan mengakomodir segala kebutuhannya.

"Kalau toh mereka akan pulang pada hari berikutnya (Minggu), pemerintah juga sepakat memberikan bantuan biaya penginapan dan transportasi, sehingga diharapkan saudara-saudara kita yang dari Wuhan tidak kesulitan untuk menuju ke kampung halamannya," kata Doni.

3. Pemerintah akan adakan silaturahmi dengan masyarakat Natuna

WNI di Natuna akan Dipulangkan pada Sabtu Siang 15 FebruariKonferensi Pers Menko PMK dan Kepala BNPB (Dok. Humas Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan)

Pada 15 Februari nanti, Kemenko PMK juga akan mengadakan pertemuan silaturahmi dengan masyarakat Natuna sebagai bentuk ucapan terima kasih karena telah menerima WNI yang datang dari Wuhan, Tiongkok.

"Pak Kemenko bersama tim nanti akan memberikan sejumlah ucapan terima kasih kepada masyarakat Natuna. Pada tanggal 15 malam, ada pertemuan, ada silaturahmi, sehingga masyarakat Natuna juga mendapatkan informasi yang lebih jelas, lebih konkret dari pemerintah," kata Doni.

Baca Juga: Pulang dari Natuna, 13 Mahasiswa Tak Dicek Lagi Kesehatannya di Aceh

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya