12 Jam Dilalap Jago Merah, Kebakaran Pabrik Cat di Jakut Akhirnya Padam

Damkar turunkan 120 personel untuk padamkan api

Jakarta, IDN Times - Damkar DKI Jakarta akhirnya berhasil memadamkan kebakaran yang melanda pabrik cat di Jalan Bandengan Utara Raya Terusan, RT 06/11, Pejagalan, Penjaringan, Jakarta Utara setelah berjibaku selama 12 jam.

Kepala Sudin Gulkarmat Jakarta Utara, Rahmat Kristantio mengatakan, kebakaran di lokasi telah padam seluruhnya pada pukul 08.00 WIB pagi.

"Material bangunan yang roboh menghalangi akses petugas. Selain itu banyak bahan kimia seperti thinner yang menyebabkan api sulit dipadamkan," ujar Rahmat dikutip dari website resmi Pemprov DKI Jakarta, Selasa (9/5/2023).

1. Kendala pemadaman kondisi angin kencang

12 Jam Dilalap Jago Merah, Kebakaran Pabrik Cat di Jakut Akhirnya PadamPabrik Cat di Jakut kebakaran, Senin (8/5/2023)/ dok Humas Jakfire

Rahmat menjelaskan, kondisi angin yang cukup kencang saat proses pemadaman juga memicu api menjalar ke bagian pabrik lainnya. Imbasnya api terus membara menyebabkan pasokan air pada mobil pemadam menipis. 

Dalam proses pemadaman ini, pihaknya memakai cairan foam untuk menjinakkan api yang bersumber dari bahan kimia.

Baca Juga: Bukan Kebakaran, Asap di Gedung Kemendagri Berasal dari Komputer 

2. Kebakaran diduga konsleting listrik

12 Jam Dilalap Jago Merah, Kebakaran Pabrik Cat di Jakut Akhirnya PadamILUSTRASI kebakaran

Dia mengatakan tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut. Sampai saat ini penyebab kebakaran diduga dari konseling listrik.

"Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. kebakaran diduga akibat korsleting listrik," katanya.

3. Pabrik cat di Jakut kebakaran sejak Senin siang

12 Jam Dilalap Jago Merah, Kebakaran Pabrik Cat di Jakut Akhirnya PadamIlustrasi kebakaran. (IDN Times/Persiana Galih)

Kebakaran hebat melanda pabrik cat di Jalan Bandengan Utara Raya Terusan, RT06/011, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, Senin (8/5/2023). Sebanyak 120 personel dari 30 unit wilayah gabungan dari Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, dan Dinas Gulkarmat.

Pemadaman mulai beroperasi pukul 14.15 WIB, petugas sampai saat ini masih berjibaku memadamkan si jago merah. Asap hitam pun masih membumbung tinggi di langit. Dugaan kebakaran, hingga kini belum diketahui secara pasti.

 

Baca Juga: Bus Diduga Penyebab Kebakaran Kapal di Perairan Merak Milik Kemendag

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya