2 Komodo di Ragunan Sudah Punya Nama, Ada Maknanya

Dua komodo di Ragunan sudah berusia empat tahun

Jakarta, IDN Times - Istri Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Mirdiyanti Budi Hartono, memberi nama kepada dua komodo yang berada di Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Jakarta Selatan. Komodo betina diberi nama Polita, sedangkan yang jantan Juma.

Ada alasan tertentu mengapa Midiyanti memberikan keduanya nama tersebut. Itu didasari atas akronim "PJ".

"Karena saya mendampingi bapak sebagai PJ. Akhirnya, saya beri nama sesuai 'PJ', Polita dan Juma. Mengingatkan, komodo yang dilahirkan itu diberi nama saat saya mendampingi Bapak Heru menjadi Pj," ujar Mirdiyanti yang juga Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Pemprov DKI Jakarta dalam keterangan tertulis, Minggu (28/5/2023).

1. Arti Polita dan Juma

2 Komodo di Ragunan Sudah Punya Nama, Ada MaknanyaDua komodo di Ragunan diberi nama Polita dan Juma

Mirdiyanti menjelaskan, Polita memiliki arti cerdas dan pintar. Sementara, Juma muncul karena pemberian nama sebenarnya sudah dilakukan pada Jumat.

"Semoga, sepasang komodo ini sehat dan betah di Ragunan. Harapannya, tentu mereka memberikan manfaat untuk Taman Margasatwa Ragunan ini dengan banyak pengunjung yang melihat Polita dan Juma," kata Mirdiyanti.

Baca Juga: Libur Lebaran 2023, Ragunan Tiadakan Hari Libur Satwa 

2. Ragunan sudah jadi primadona warga Jakarta

2 Komodo di Ragunan Sudah Punya Nama, Ada MaknanyaSejumlah pengunjung sedang menikmati suasana di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, Sabtu (23/10/2021). (ANTARA/Sihol Hasugian)

Mirdiyanti mengaku sudah tidak asing dengan Taman Margasatwa Ragunan sejak kecil. Sampai saat ini, dijelaskannya, Taman Margasatwa Ragunan masih menjadi primadona warga Jakarta untuk berwisata dan wahana edukasi.

“Pertama kali waktu saya kecil, di sini juga sampai hari ini masih sama. Berarti, Taman Margasatwa Ragunan selalu dirawat. Siapapun pemimpinnya, merawat Ragunan seperti memilikinya," kata Mirdiyanti.

3. Dua komodo hasil kerja sama dengan Taman Safari

2 Komodo di Ragunan Sudah Punya Nama, Ada MaknanyaSafari journey di Bali Safari Park. (dok. Bali Safari Park)

Polita dan Juma merupakan hasil kerja sama antar lembaga konservasi, Taman Margasatwa Ragunan dengan Taman Safari Indonesia (TSI) Bogor, yang didatangkan pada 20 Maret 2023.

Kepala Unit Pengelola Taman Margasatwa Ragunan, Endah Rumiyati, menyatakan Polita dan Juma sudah beradaptasi. Kini, keduanya mulai aktif berkeliling untuk mengenal wilayahnya.

Baca Juga: 5 Taman Safari di Indonesia Ini Wajib Kamu Kunjungi, Seru dan Edukatif

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya