2032 Nakes Gugur di Tengah Pandemik Bertepatan pada Hari Pahlawan 

Presiden anugerahkan tanda bintang jasa pada 300 nakes

Jakarta, IDN Times - Sejak pemerintah mengumumkan penemuan kasus pertama dan kedua COVID-19 pada 2 Maret 2020, tenaga kesehatan bergulat melawan ganasnya pandemik virus corona di rumah sakit rujukan COVID-19.

Terlebih kasus penularan meningkat tajam pada Januari dan Juli lalu, tidak sedikit dari mereka harus mengorbankan nyawa demi melayani pasien agar sembuh dari corona.

 

1. Sebanyak 2032 tenaga kesehatan gugur di tengah pandemik COVID-19

2032 Nakes Gugur di Tengah Pandemik Bertepatan pada Hari Pahlawan IDI berduka genap 100 dokter meninggal (Instagram.com/ikatandokterindonesia)

Berdasarkan data dari pusara laporcovid-19 per 10 November 2021, sebanyak 2.032 tenaga kesehatan gugur di tengah pandemik COVID-19

Jika dirinci, dokter yang meninggal berjumlah 730 orang, perawat 670 orang, bidan 388 orang, dan tenaga kesehatan lain sebanyak 70 orang.

Selanjutnya, apoteker 48 orang, Ahli Teknologi Laboratorium Medik (ATLM) 47 orang, dokter gigi 46 orang, rekam radiologi 10 orang, sanitarian 5 orang, petugas ambulance 4 orang, terapis gigi 4 orang, elektro medik 3 orang, tenaga farmasi 3 orang, epidemiolog kesehatan 2 orang, dan fisikawan medis 1 orang, dan entomolog kesehatan 1 orang.

Baca Juga: Deretan Tokoh yang Diberi Gelar Pahlawan Nasional di Era Jokowi

2. Presiden Jokowi menganugerahkan Tanda Kehormatan Bintang Jasa kepada 300 tenaga kesehatan

2032 Nakes Gugur di Tengah Pandemik Bertepatan pada Hari Pahlawan Presiden Jokowi pada penganugerahan gelar Pahlawan Nasional dan Tanda Kehormatan Bintang Jasa, Rabu (10/11/2021), di Istana Negara, Jakarta. (Foto: Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Presiden)

Pemerintah menilai tenaga kesehatan yang berjuang di tengah pandemik merupakan pahlawan, bahkan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menganugerahkan Tanda Kehormatan Bintang Jasa kepada 300 tenaga kesehatan yang telah gugur dalam penanganan COVID-19.

Melalui Keputusan Presiden RI nomor 110/TK/TAHUN 2021 tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Bintang Jasa, Presiden Jokowi menganugerahkan Tanda Kehormatan Bintang Jasa Pratama kepada 223 tenaga kesehatan tersebut, dan Tanda Kehormatan Bintang Jasa Nararya kepada 77 tenaga kesehatan.

3. Tanda Kehormatan Bintang Jasa diberikan atas perjuangan para tenaga kesehatan di tengah pandemik

2032 Nakes Gugur di Tengah Pandemik Bertepatan pada Hari Pahlawan Para nakes yang wafat karena COVID-19. Dokumentasi Lapor COVID-19

Tanda Kehormatan Bintang Jasa diberikan kepada 3 orang perwakilan ahli waris yang mewakili profesi dokter, perawat, dan bidan.

''Tanda Kehormatan Bintang Jasa tersebut diberikan atas perjuang mereka para dokter, perawat, bidan, dan tenaga kesehatan lainnya yang gugur dalam penanganan pandemi. Kementerian Kesehatan akan selalu mengenang jasa-jasa mereka,'' kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan Widyawati dalam siaran tertulisnya.

Baca Juga: 4 Tokoh Dapat Gelar Pahlawan Nasional dari Jokowi

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya