27 Penghuni Sudah Tempati Rumah DP 0 Rupiah di Klapa Village

Fasilitas di rusunami sudah lengkap, lihat penampakannya yuk

Jakarta, IDN Times - Rumah DP 0 rupiah merupakan salah satu program unggulan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Setelah dua tahun menjabat, rumah yang menjadi Solusi Rumah Warga (Samawa) DKI Jakarta ini sudah mulai ditempati.

IDN Times mendatangi langsung rumah Dp 0 rupiah di Menara Samawa, Klapa Village di Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Rabu (6/11).

1. Fasilitas rumah DP Nol sudah tersedia

27 Penghuni Sudah Tempati Rumah DP 0 Rupiah di Klapa VillageIDN Times/Dini suciatiningrum

Aktivitas di Rusunami Klapa Village pukul 08.00 pagi, belum terpantau ramai, tiga mobil jenis low cost green car (LCGC) terparkir rapi di parkiran mobil pintu masuk sebelah kanan. Hanya terlihat dua petugas sedang membersihkan halaman dan lobi Menara Samawa.

Pantauan IDN Times, fasilitas yang sudah tersedia cukup memadai. Sebelah kanan lobi, sudah tersedia taman bermain yang dipenuhi berbagai macam mainan anak seperti ayunan, jungkat jungkit yang berdiri di atas rumput hijau ada juga musala yang berada di sebelah kiri lobi.

Rumah ini juga menyediakan fasilitas untuk disabilitas seperti parkiran dan jalur khusus untuk disabilitas.

2. Ada juga Balai Warga dan Sekolah Usia Dini

27 Penghuni Sudah Tempati Rumah DP 0 Rupiah di Klapa VillageIDN Times/Dini suciatiningrum

Marketing Menara Samawa, Putri mengatakan, fasilitas Menara Samawa sudah siap dinikmati penghuni. Dia menambahkan selain musala, ada juga balai warga yang sementara ini masih digunakan untuk aktivitas akad rusunami.

"Balai warga ini nantinya bisa dimanfaatkan penghuni untuk arisan, ulang tahun, atau acara lain agar tidak mengganggu penghuni lainnya," paparnya sambil menunjukkan ruangan yang berada di sebelah kanan musala.

Selain itu, sekolah PAUD juga sudah ada namun saat ini masih digunakan sementara untuk kantor marketing.

"Semua fasilitas dan sarana sudah selesai jika ada keluhan penghuni bisa lapor pada kami," ujarnya.

Baca Juga: Penghuni Rumah DP 0 Rupiah Disuguhi Pemandangan TPU Pondok Kelapa

3. Tempat parkir mobil juga tersedia di basement bawah

27 Penghuni Sudah Tempati Rumah DP 0 Rupiah di Klapa VillageParkir mobil di rumah Dp 0 Klapa Village di Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Rabu (6/11) IDN Times / Dini suciaginingrum

Sesuai Pergub Nomor 104 Tahun 2018, salah satu syarat penghuni adalah tidak memiliki kendaraan roda empat. Namun, pantauan IDN Times di basement Menara Samawa terdapat parkiran mobil yang bisa menampung sekira 20 mobil.

Putri berkilah bahwa parkir mobil yang disediakan khusus untuk tamu saja bukan untuk penghuni rusunami.

"Parkiran mobil itu untuk tamu itu saja," ujarnya.

4. Saat ini sudah ada 27 penghuni di rumah DP 0 rupiah

27 Penghuni Sudah Tempati Rumah DP 0 Rupiah di Klapa VillageIDN Times/Dini suciatiningrum

Dari data yang IDN Times peroleh tingkat okupansi atau keterisian rusunami Klapa Village 4 November 2019, terdapat 27 penghuni yang sudah menempati Samawa, 95 penghuni yang sudah akad, serta 74 penghuni yang sudah menerima kunci dan siap huni.

Seperti diketahui sebanyak 1.790 orang pemohon program Solusi Rumah Warga atau Samawa yang dikenal dengan Program DP Nol Rupiah telah memasuki tahap pengajuan permohonan kredit dan pemilihan unit.

Mereka pemohon yang lolos seleksi dan memenuhi syarat, segera diundang untuk melengkapi berkas permohonan pengajuan kredit dan memilih unit di lokasi Rusunami Klapa Village, Pondok Kelapa, Jakarta Timur.

“Sesuai Peraturan Gubernur 104/2018, Program Samawa Rumah DP Nol Rupiah ditargetkan untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) warga DKI Jakarta yang memenuhi persyaratan," kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman, Kelik Indriyanto dilansir dari Antara, Rabu (6/11).

Baca Juga: Genap 2 Tahun Pimpin Jakarta, Ini Capaian Anies Soal Rumah DP 0 Rupiah

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya