Comscore Tracker

3 Pesan Istri Wapres Ma'ruf Amin untuk Ibu-Ibu Indonesia 

Pembanguan karakter harus berasal dari keluarga

Jakarta, IDN Times - Istri Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Wury Ma'ruf Amin, menyampaikan tiga pesan bagi ibu-ibu di Indonesia dalam menghadapi tantangan yang akan datang. Pesan ini disampaikan saat menghadiri Festival Lanjut Usia dalam rangka memperingati Hari Ibu ke-91 di Balai Rehabilitasi Lanjut Usia "Budhi Dharma", Selasa (17/12).

Istri Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Wury mengungkapkan, tidak sedikit untaian kata dan barisan nada yang menggambarkan pengorbanan dan ketulusan seorang ibu dalam membimbing dan membesarkan anak-anak.

"Ibu tidak henti berdoa dan berharap serta tidak ada suatu apa pun yang setara untuk membalas jasa-jasanya," kata Wury.

Dia menegaskan, seorang ibu memiliki peran penting dalam pembentukan karakter anak-anaknya di masa yang akan datang.

"Selain faktor lingkungan, baik dan buruknya perilaku anak juga dapat disebabkan oleh didikan orangtuanya terutama ibu," jelas dia.

Baca Juga: Perempuan-perempuan Sumbar yang Tidak Kalah Harum dari Kartini

1. Tiga arahan bagi kaum ibu dalam membentuk karakter anak

3 Pesan Istri Wapres Ma'ruf Amin untuk Ibu-Ibu Indonesia Istri Wakil Presiden Maruf Amin, Wury Estu Handayani bersama Istri Menteri Sosial Juliari P Batubara, Grace Batubara melakukan kunjungan ke Balai Rehabilitasi Lanjut Usia BRSLU Budhi Dharma, Kota Bekasi, Jawa Barat, Selasa (17/12), dalam rangka memperingati Hari Ibu yang jatuh pada 22 Desember. (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Menurut Wury, ada tiga arahan bagi kaum ibu dalam membangun atau membentuk karakter anak, pertama yaitu sering mengajak anak berbicara.

"Komunikasi merupakan cara yang paling efektif dalam membentuk perilaku seorang anak, melalui komunikasi anak banyak mendapatkan pemahaman sehingga diinternalisasi dan dikonversi menjadi ucapan dan tindakan," ujarnya.

2. Perilaku anak adalah hasil mencontoh perilaku orang tua

3 Pesan Istri Wapres Ma'ruf Amin untuk Ibu-Ibu Indonesia Istri Wakil Presiden KH Maruf Amin, Wury Estu Handayani bersama Istri Menteri Sosial Juliari P Batubara Grace Batubara melakukan senam lansia di Balai Rehabilitasi Lanjut Usia BRSLU "Budhi Dharma, Kota Bekasi, Selasa (17/12) (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Kemudian kedua adalah menjaga perilaku. Wury mengatakan, sebagian besar perilaku anak adalah hasil mencontoh perilaku orang lain terutama perilaku orang tuanya.

"Oleh karena itu, para orang tua khususnya ibu harus mampu menjadi teladan bagi anak-anaknya. Penting bagi para ibu untuk menjaga sikap, ucapan, dan perilaku yang baik sehingga dapat dijadikan role model yang positif bagi anak-anaknya," papar Wury.

3. Perbanyak doa untuk anak

3 Pesan Istri Wapres Ma'ruf Amin untuk Ibu-Ibu Indonesia Istri Wakil Presiden KH Maruf Amin, Wury Estu Handayani bersama Istri Menteri Sosial Juliari P Batubara Grace Batubara melakukan kunjungan dalam rangka Hari Ibu ke Balai Rehabilitasi Lanjut Usia BRSLU Budhi Dharma, Kota Bekasi, Selasa (17/12) (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Kemudian ketiga, memperbanyak bacaan doa. Wury menjelaskan, doa seorang ibu sangat ampuh untuk mengantarkan kesuksesan dan perbuatan yang baik bagi anaknya kelak.

"Tidak ada yang mengingkari bahwa segala upaya yang kita lakukan pada akhirnya hanya Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasalah yang berhak menentukan hasilnya," ucap dia.

Oleh sebab itu, sangat penting bagi orang tua untuk senantiasa memanjatkan doa bagi anak-anaknya agar kelak menjadi anak yang kuat, penuh optimis, dan melakukan aktivitas-aktivitas yang baik.

4. Istri Mensos berikan semangat pada lansia

3 Pesan Istri Wapres Ma'ruf Amin untuk Ibu-Ibu Indonesia Penghuni Balai Rehabilitasi Lanjut Usia BRSLU Budhi Dharma, Kota Bekasi, Jawa Barat, dalam acara peringatan Hari Ibu, yang dihadiri Ibu Wapres dan Ibu Mensos, Selasa (17/12). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Sementara istri Menteri Sosial, Grace Batubara mengungkapkan, kunjungan ke Balai Rehabilitasi Lanjut Usia untuk memberikan semangat dan mengucapkan terima kasih kepada ibu-ibu di Indonesia atas jasa-jasanya.

"Kami berikan semangat pada seluruh ibu agar anak Indonesia menjadi anak yang berguna bagi bangsa dan negara, dan festival ini kami persembahkan bagi ibu lansia sebagai wahana mengaktualisasikan diri dan kemampuan lansia," papar Grace.

5. Rangkaian Hari Ibu sudah berlangsung satu bulan

3 Pesan Istri Wapres Ma'ruf Amin untuk Ibu-Ibu Indonesia Istri Wakil Presiden Maruf Amin, Wury Estu Handayani bersama Istri Menteri Sosial Juliari P Batubara, Grace Batubara melakukan kunjungan ke Balai Rehabilitasi Lanjut Usia BRSLU Budhi Dharma, Kota Bekasi, Jawa Barat, Selasa (17/12), dalam rangka memperingati Hari Ibu yang jatuh pada 22 Desember. (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Grace menambahkan, kegiatan ini merupakan rangkaian untuk memperingati Hari Ibu yang jatuh pada 22 Desember mendatang.

"Acaranya sudah berlangsung satu bulan dan puncaknya nanti pada 22 Desember di Semarang," paparnya.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Peringati Hari Ibu, Istri Wapres Ajak Semua Keluarga Peduli Lansia

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya