5,1 Juta Vaksin Moderna Dikirim, 3 Provinsi Ini Dapat Jatah Terbanyak

Moderna diberikan pada warga yang belum pernah vaksinasi

Jakarta, IDN Times - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tengah mendistribusikan 5.102.300 dosis vaksin virus corona (COVID-19) Moderna di 34 provinsi.

Hal itu tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor SR.02.06II/2025/2011 yang ditandatangani oleh Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan PPSDM Kesehatan Kemenkes Maxi Rein Rondonuwu pada 4 Agustus 2021, yang ditujukan kepada gubernur dan bupati/wali kota di seluruh Tanah Air.

"Vaksin dan logistik didistribusikan ke Dinas Kesehatan Provinsi masing-masing untuk selanjutnya dapat berkoordinasi, dalam rangka pendistribusian vaksin COVID-19 sesuai ketentuan yang berlaku," kata Maxi dalam SE yang dikutip IDN Times, Kamis (12/8/2021).

Juru Bicara Vaksin Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi membenarkan. Dia mengatakan, "sudah didistribusikan ke 34 provinsi," ujar Nadia saat dikonfirmasi IDN Times.

Baca Juga: Indonesia Terima 3,5 Juta Vaksin Moderna Hari Ini

1. Vaksin Moderna dikembangkan dengan platform mRNA

5,1 Juta Vaksin Moderna Dikirim, 3 Provinsi Ini Dapat Jatah TerbanyakVaksin moderna untuk suntikan booster bagi nakes(IDN Times/Daruwaskita)

Maxi menjelaskan, vaksin Moderna merupakan salah satu vaksin COVID-19 yang dikembangkan dengan platform mRNA, dengan nukleosida yang dimodifikasi, sehingga dapat membentuk kekebalan tubuh terhadap serangan virus corona.

Maxi menginformasikan, vaksin Moderna harus disimpan dalam freezer pada suhu -25°C sampai -15°C di Dinas Kesehatan. Sedangkan pada fasiltas pelayanan kesehatan dapat disimpan pada lemari es vaksin suhu 2 - 8°C.

2. Diberikan pada warga yang belum pernah menerima dosis vaksin COVID-19

5,1 Juta Vaksin Moderna Dikirim, 3 Provinsi Ini Dapat Jatah TerbanyakTenaga kesehatan menunjukkan vaksin COVID-19 Moderna. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Dia menegaskan, vaksin Moderna diberikan kepada masyarakat umum yang belum pernah menerima dosis vaksin COVID-19 jenis apapun.

"Vaksin COVID-19 Moderna diberikan sebanyak dua dosis dengan interval empat minggu sehingga vaksin yang dialokasikan pada minggu ke-2 Agustus 2021 ini untuk memenuhi kebutuhan dua dosis sekaligus," jelas Maxi.

3. Tiga provinsi mendapatkan vaksin Moderna paling banyak

5,1 Juta Vaksin Moderna Dikirim, 3 Provinsi Ini Dapat Jatah TerbanyakPetugas menyuntikkan vaksin Moderna kepada tenaga kesehatan yang menjalani vaksinasi COVID-19 dosis ketiga di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik, Medan, Sumatera Utara, Kamis (5/8/2021). (ANTARA FOTO/Fransisco Carolio)

Dalam SE tersebut, ada tiga provinsi yang menerima alokasi vaksin Moderna terbanyak yakni Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat, masing-masing 500.080 dosis vaksin.

Sedangkan tiga provinsi yang menerima dosis vaksin Moderna paling sedikit adalah Papua Barat 50.120 dosis, Kalimantan Tengah dan Maluku Utara masing-masing 61.180 dosis vaksin Moderna.

Baca Juga: 6.080 Nakes Banyuwangi Terima Vaksin Moderna

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya