AirAsia Putus dengan Traveloka, Pelanggan Beralih ke Maskapai Lain 

Pelanggan kecewa AirAsia tidak ada di Traveloka

Jakarta, IDN Times - Dampak keputusan maskapai penerbangan AirAsia 'bercerai' dari Traveloka membuat sejumlah konsumen beralih ke maskapai penerbangan lain.

Selain memberikan banyak promo, pembelian tiket di Online Travel Agent (OTA) seperti Traveloka atau Tiket.com, menawarkan banyak pilihan maskapai kepada pelanggan.

Baca Juga: Tiket AirAsia Hilang di Online Travel Agent, Pelanggan Kecewa

1. Pelanggan bisa cari multi penerbangan

AirAsia Putus dengan Traveloka, Pelanggan Beralih ke Maskapai Lain airasia.com

Anggi Budi Setyawan misalnya. Dia beralih ke maskapai lain karena merasa tidak punya pilihan jika langsung pesan melalui website atau aplikasi.

"Saya terbiasa pakai Tiket.com buat berpergian pakai pesawat, sebab saya bisa bandingkan harga maskapai lain dalam satu aplikasi," terangnya pada IDN Times, Kamis (7/3).

Laki-laki yang berprofesi sebagai software engineer di kawasan Kuningan ini, biasanya memakai pesawat AirAsia untuk liburan ke Bali, Hongkong, atau Singapura.

2. Lebih enak memakai satu aplikasi

AirAsia Putus dengan Traveloka, Pelanggan Beralih ke Maskapai Lain Pexels.com/Tracy Le Blanc

Tahun ini, Anggi sudah merencanakan liburan ke luar negeri. Dengan menghilangnya AirAsia dari OTA, dia berencana menggunakan maskapai penerbangan lain.

"Paling enak memakai satu aplikasi saja karena semua tersedia, mau beli tiket kereta, tiket pesawat, hotel sampai bioskop. Ribet ah kalau beli di masing-masing website," ujarnya.

3. Kecewa tidak temukan tiket AirAsia di OTA

AirAsia Putus dengan Traveloka, Pelanggan Beralih ke Maskapai Lain Tiket.com

Sementara Larasati Dinda mengaku kecewa tidak menemukan tiket AirAsia di sejumlah OTA. Menurutnya, platform booking online tersebut lebih banyak menawarkan promo untuk konsumen.

"Sejujurnya sih kecewa AirAsia menarik penjualan tiket di OTA, karena biasanya banyak promo tambahan," ungkap perempuan berambut pendek ini.

4. Berharap tiket AirAsia kembali ada di OTA

AirAsia Putus dengan Traveloka, Pelanggan Beralih ke Maskapai Lain airasia.com

Meski demikian, perempuan 27 tahun ini tetap akan menggunakan pesawat AirAsia saat pergi liburan, walaupun harus membeli tiket di aplikasi AirAsia langsung.

"AirAsia sering bagi-bagi kursi gratis asal rajin pantengin, cocok buat traveler seperti saya, hehe," ucapnya.

Dia mengatakan, sekalipun AirAsia juga memberikan promo untuk pemesanan langsung melalui website ataupun applikasi tetapi, dia menilai, OTA lebih banyak menawarkan promo dan kemudahan pemesanan tiket.

"Saya berharap keputusan tersebut segera ditarik, dan (tiket) AirAsia bisa dipesan lagi melalui Online Travel Agen agar pelanggan kembali dimudahkan," Larasati berharap.

5. Alasan AirAsia tarik penjualan tiket di Traveloka

AirAsia Putus dengan Traveloka, Pelanggan Beralih ke Maskapai Lain traveloka.com

Sebelumnya, Direktur Utama AirAsia Indonesia Dendy Kurniawan mengatakan, AirAsia membuat keputusan tegas karena dalam dua minggu terakhir tiket AirAsia menghilang dari situs penjualan, Traveloka.

"Kondisi tersebut sudah terjadi dua kali dalam dua minggu," ujarnya.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, hilangnya tiket penerbangan di Traveloka mencederai kerja sama antara AirAsia dan Traveloka yang sudah terjalin baik.

Dendy menilai, peniadaan beberapa penerbangan AirAsia Indonesia oleh Traveloka menunjukkan dengan jelas sikap diskriminatif dan berat sebelah.

"Pihak Traveloka seperti tidak menunjukkan itikad baik dengan menolak memberikan penjelasan resmi, meskipun sebelumnya kami telah beberapa kali mencoba meminta klarifikasi," ujarnya kecewa.

Baca Juga: Diceraikan, Traveloka Coba Buka Dialog dengan AirAsia

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya