Comscore Tracker

Airlangga: Partai Golkar dan PKS Punya Cita-cita yang Sama

PKS adalah mitra kerja politik yang penting bagi Golkar

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengungkapkan, pihaknya terbuka untuk berkolaborasi dan bekerja sama dengan partai-partai yang mempunyai tujuan utama, termasuk dengan Partai Keadilan Sejahtera.

"Karena kami meyakini PKS juga memiliki tujuan yang sama mewujudkan kesejahteraan keadilan sosial dan membangun kebersamaan untuk kebangsaan. Dua sahabat lama tak jumpa, bertemu bahagia di bawah lentera. Golkar dan PKS punya cita-cita sama, membawa Indonesia menuju sejahtera," ujar Airlangga dalam acara puncak Milad ke-20 PKS dipantau Youtube PKS Tv, Minggu (29/5/2022).

1. Sesama partai politik pasti mempunyai tujuan sama

Airlangga: Partai Golkar dan PKS Punya Cita-cita yang SamaMilad ke-20 PKS (IDN Times/M Ilman Na'fian)

Lebih lanjut, Airlangga mengatakan, meski politik praktis Golkar dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memiliki perbedaan, tetapi mempunyai tujuan luhur mewujudkan cita-cita pendiri bangsa.

"Walaupun secara politik praktis kita kerap kali memiliki cara masing-masing yang berbeda, namun sebagai sesama partai politik pasti kita mempunyai tujuan sama mewujudkan kemakmuran bagi seluruh masyarakat Indonesia," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini.

Baca Juga: PKS Ajak Parpol Lain Kolaborasi Gugat Aturan Presidential Threshold 

2. PKS adalah mitra kerja politik yang penting

Airlangga: Partai Golkar dan PKS Punya Cita-cita yang SamaFoto hanya ilustrasi/Presiden PKS Ahmad Syaikhu bersama pengurus DPP PKS. (Dok PKS)

Airlangga memaparkan, Partai Golkar sesuai ideologi kekaryaan, selalu memilih berada di dalam pemerintahan dan memiliki peran penting sebagai tanggung jawab dalam membangun masyarakat Indonesia. Hal itu tentu berseberangan dengan jalan yang diambil PKS karena memilih sebagai oposisi.

"Namun kita saling menghargai posisi masing-masing karena tujuan kita sama membangun bangsa Indonesia. Apa lagi bagi PG, PKS adalah mitra kerja politik yang penting," kata Airlangga.

3. Kolaborasi dengan semua partai politik untuk memperkuat tenun sosial

Airlangga: Partai Golkar dan PKS Punya Cita-cita yang SamaKetua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (tengah) (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Menurut Airlangga, kerja sama, sinergi, dan kolaborasi Partai Golkar dengan semua partai politik, termasuk dengan PKS, penting guna memperkuat tenun sosial dan tenun kebangsaan.

"Kita tidak ingin politik identitas mengoyak tenun kebangsaan kita," ujar politisi berusia 59 tahun tersebut.

Menteri Koordinator Perekonomian Kabinet Indonesia Maju ini juga mengajak elemen PKS untuk mendorong pemulihan ekonomi menuju endemik pasca pandemik COVID-19.

Baca Juga: Anies Diteriaki Capres 2024 Saat Hadiri Milad ke-20 PKS

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya