Comscore Tracker

Akhirnya TPU Rorotan Dibuka untuk Pemakaman Jenazah COVID-19

Diutamakan khusus jenazah COVID-19 yang KTP DKI Jakarta

Jakarta, IDN Times - Tempat Pemakaman Umum (TPU) Rorotan yang berlokasi di lingkungan RW 09 Kelurahan Rorotan, Kecamatan Cilincing sudah mulai difungsikan pada hari ini.

Plt Kasudin Pertamanan dan Hutan Kota Kota Administrasi Jakarta Utara, Mila Ananda menjelaskan, tahap awal akan disiapkan 1.500 petak makam.

"Hari ini, TPU Rorotan mulai menerima pelayanan pemakaman. Sudah dua jenazah yang dimakamkan dan ada satu jenazah lagi yang akan dimakamkan namun masih di perjalanan. Ketiga jenazah itu merupakan pasien COVID-19 yang sudah menjalani perawatan di rumah sakit," ungkapnya dalam siaran tertulis, Jumat (26/3/2021).

 

1. Diutamakan khusus jenazah COVID-19 yang KTP DKI Jakarta

Akhirnya TPU Rorotan  Dibuka untuk Pemakaman Jenazah COVID-19Suasana di TPU Pondok Ranggon, Jakarta, Selasa (8/9/2020) (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Mila mengatakan sampai saat ini, jenazah pasien COVID-19 yang memiliki KTP DKI Jakarta menjadi prioritas utama dimakamkan di areal TPU Rorotan.

"Diutamakan khusus jenazah COVID-19 yang ber KTP DKI Jakarta terlebih dahulu karena kondisinya darurat mengingat keterbatasan lahan pemakaman COVID-19 di wilayah DKI Jakarta," terang Mila.

Sedangkan proses pembangunan TPU Rorotan masih terus berjalan.

"Semuanya masih dipersiapkan secara bertahap termasuk akses jalan masuk, lampu penerangan dan sebagainya. Tahap awal, lahan pemakaman COVID-19 yang disediakan sekitar 2 hektare dan itu masih dikerjakan," ujarnya.

Baca Juga: Pemprov DKI Siapkan TPU Rorotan untuk Tampung 6 Ribu Jenazah COVID-19

2. 18 petugas dikerahkan untuk proses pemakaman jenazah COVID-19

Akhirnya TPU Rorotan  Dibuka untuk Pemakaman Jenazah COVID-19Proses pemakaman salah satu jenazah COVID-19 di TPU Pondok Ranggon pada Selasa (16/9/2020). IDN Times/Aldila Muharma&Fiqih Damarjati

Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Kota Administrasi Jakarta Utara mengerahkan 18 petugas yang dibagi menjadi tiga tim untuk mendukung proses pemakaman jenazah COVID-19.

"Kita siagakan mereka di sana termasuk 4 petugas keamanan. Ke depannya, TPU Rorotan akan ditata seperti TPU lainnya," katanya.

 

3. Penggunaan lahan TPU Rorotan sempat molor

Akhirnya TPU Rorotan  Dibuka untuk Pemakaman Jenazah COVID-19Persiapan tempat pemakaman umum Rorotan, Jakarta Utara (Instagram/bangriza)

Penggunaan lahan TPU Rorotan sebagai tempat penguburan jenazah COVID-19 ini sempat molor dari target Pemerintah DKI Jakarta. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengungkapkan TPU Rorotan sudah siap digunakan pada awal 2021.

"Termasuk Rorotan, InsyaAllah bulan ini sudah bisa digunakan," kata pria yang kerap disapa Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Selasa (6/1/2021).

Diketahui, Pemprov DKI memang tengah menyiapkan TPU khusus untuk pemakaman jenazah COVID-19 sebagai pengganti TPU Pondok Ranggon dan Tegal Alur yang kini sudah penuh.

Riza mengatakan tak perlu khawatir soal penyediaan lahan.

"Jadi gak usah khawatir, sekalipun di TPU Pondok Ranggon, dan di TPU Tegal Alur sudah hampir penuh, tapi di Rorotan sudah siap, jadi nanti tinggal dialihkan saja," kata dia.

 

Baca Juga: [FOTO] Persiapan TPU Rorotan Menampung Jenazah COVID-19 di Jakarta

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya