Comscore Tracker

Akibat Tampang Boyolali, Prabowo Tak Dapat 1 Pun Suara di Belasan TPS 

Masyarakat Boyolali balas candaan Prabowo di Pemilu 2019

Jakarta, IDN Times - Masyarakat Kabupaten Boyolali nampaknya memanfaatkan momen Pemilihan Umum 2019 untuk membalas candaan "Tampang Boyolali" yang pernah dilontarkan calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto.

Tidak tanggung-tanggung, sejumlah Tempat Pemilihan Suara (TPS) memberikan angka nol bagi pasangan capres dan cawapres Prabowo-Sandiaga Uno.

Dari unggahan sejumlah akun di media sosial yang memperlihatkan hasil C1 sejumlah TPS di Boyolali, terlihat perolehan suara Prabowo-Sandi nol.

"Akibat tampang Boyolali. Nol Suara. Aura Kemenangan," cuit akun Iman Brotoseno yang mengunggah hasil penghitungan suara di TPS 02, Desa Jeruk, Kecamatan Selo, Boyolali, Rabu (17/4).

Tidak ketinggalan tweet akun @Arinda P. Kumalasari yang mengupload hasil penghitungan di sejumlah TPS di Boyolali, yang memperlihatkan kemenangan telak pasangan capres-cawapres Jokowi-Ma'ruf.

Baca Juga: Sempat Menghilang, Sandiaga Uno Akhirnya Muncul Elus Kucing Prabowo

1. Prabowo-Sandi dapat nol suara di 5 TPS

Akibat Tampang Boyolali, Prabowo Tak Dapat 1 Pun Suara di Belasan TPS IDN Times/Indi Malia

Pantauan IDN Times berdasarkan foto C1 plano yang diunggah warganet, setidaknya ada lima TPS yang memberikan suara nol bagi Prabowo-Sandi.

Di TPS 02, Desa Jeruk, Kecamatan Selo, Boyolali, Jokowi-Maruf memperoleh 270 suara dan Prabowo-Sandi nol suara.

Hal yang sama juga diperlihatkan di TPS 09, Desa Seboto, Kecamatan Ampel, Boyolali, pasangan Jokowi-Maruf menyapu bersih dengan memperoleh 218 suara, sedangkan Prabowo-Sandi nol suara.

Begitu juga di TPS 11 Desa Gedangan, Kecamatan Cepogo, Boyolali, pasangan Jokowi-Maruf Amin menang telak dengan memperoleh 234 suara, sementara Prabowo-Sandi nol.

Pasangan Jokowi-Maruf Amin juga unggul di TPS 2 Desa Klewor, Kecamatan Kemusu, Boyolali dengan memperoleh 118 suara, sementara Prabowo-Sandi nol.

Pasangan Prabowo-Sandi juga gagal meraih satu suara pun di TPS 9 Desa Selo, Kecamatan Selo, Boyolali. Sementara pasangan Jokowi-Maruf Amin unggul dengan memperoleh 184 suara.

2. Jokowi-Ma'ruf menang telak di belasan TPS

Akibat Tampang Boyolali, Prabowo Tak Dapat 1 Pun Suara di Belasan TPS IDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma'ruf Boyolali, Paryanto mengatakan, hasil laporan penghitungan suara ada belasan TPS yang memenangkan Jokowi-Ma'ruf dengan suara mencapai 100 persen.

Informasi sementara dari TKD Boyolali di Gedung Marhaen DPC PDIP Boyolali menyebut, dari 3.189 TPS di Boyolali 14 TPS di antaranya paslon Jokowi-Ma’ruf menang 100 persen suara

" TPS yang menang 100 persen tersebut tersebar di Kecamatan Selo, Cepogo, Tamansari, Ampel dan Kemusu," ujar Paryonto seperti dilansir Antara, Kamis (18/4).

Lebih lanjut Paryanto merinci, Jokowi menang telak 100 persen di TPS 1 dan 2 Desa Jeruk, TPS 9 (Selo) dan TPS 03 (Senden).

Di Sumur (Musuk) malah paling banyak. Jokowi-Ma'ruf menang 100 persen di 5 dari 8 TPS, yakni TPS 1 Dukuh Kadirejo, TPS 2 Dukuh Waru, TPS 4 Dukuh Sumberejo, TPS 6 Gondang dan TPS 8 Kalinongo juga 100 persen.

"Meski demikian kami tetap akan menunggu hasil akhir penghitungan suara secara resmi dari KPU Boyolali," ujarnya.

3. Boyolali sumbang suara tertinggi untuk Jokowi-Ma'ruf

Akibat Tampang Boyolali, Prabowo Tak Dapat 1 Pun Suara di Belasan TPS ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Dari hasil hitungan sementara yang dilakukan TKD Boyolali di TPS-TPS, pada Rabu (17/4) hingga pukul 21.30 WIB, pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf meraih sekitar 86 persen suara.

Berdasarkan hasil laporan penghitungan suara masuk yang terlihat di layar monitor TKD Jokowi-Ma'ruf di Gedung Panti Marhain Boyolali, paslon 01 memperoleh 545.779 suara, sedangkan paslon 02 sebanyak 88.917 suara atau sekitar 14 persen.

Penghitungan tersebut dengan total suara masuk 648.614 pemilih, sebanyak 634.695 atau 97,9 persen suara sah, dan 13.918 atau sekitar 2,1 persen suara tidak sah.

Wakil Ketua TKD Jokowi-Ma'ruf Boyolali Seno Samodro mengatakan, hasil sementara di Boyolali Jokowi-Ma'ruf meraih 86 persen suara.

"Jumlah ini luar biasa dan prestasi pertama kali sejarah dalam pilpres di daerah, diperkirakan bisa tertinggi di Jateng, karena rata-rata di daerah lain di provinsi ini, mencapai 70 persen," ujarnya

4. Candaan Prabowo dinilai merendahkan orang Boyolali

Akibat Tampang Boyolali, Prabowo Tak Dapat 1 Pun Suara di Belasan TPS Istimewa

Seperti diketahui, candaan "Tampang Boyolali" yang dilontarkan Prabowo Subianto menuai kontroversi. Candaan tersebut disampaikan Prabowo saat meresmikan Posko Badan Pemenangan Prabowo-Sandiaga Uno di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Selasa (30/10/2018).

Pidato Prabowo itu viral setelah diunggah pertama kali oleh pemilik akun Youtube Taufik Irvani pada 1 November 2018.

Candaan Prabowo tersebut ternyata berbuntut panjang. Sebab, tak semua orang Boyolali menyukainya. Bahkan ada yang menganggap candaan itu merendahkan orang Boyolali. Dakun (47) warga Boyolali, misalnya, melaporkan Prabowo ke polisi atas candaannya itu. 

Baca Juga: Jokowi-Ma'ruf Amin Unggul di TPS Tahanan KPK Mencoblos

Topic:

  • Sunariyah

JADWAL SALAT & IMSAK

27
MEI
2019
22 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You