Aktivis 98 Gelar Aksi Tutup Mulut Tolak Prabowo Jadi Menteri Jokowi

Prabowo dianggap sebagai salah satu pelanggar HAM

Jakarta, IDN Times - Aktivis 98 melakukan aksi tutup mulut di depan Taman Pandang Istana, Selasa (22/10). Mereka menolak Prabowo Subianto menjadi bagian dalam Kabinet Kerja Jokowi periode II.

Anggota Aktivis 98 yang mengikuti aksi tutup mulut itu berjumlah lima orang. Mereka mengenakan masker yang bertuliskan "Tutup Mulut" ketika melaksanakan aksi mereka selama satu jam sejak pukul 15.30 WIB.

1. Prabowo sebaiknya tetap oposisi

Aktivis 98 Gelar Aksi Tutup Mulut Tolak Prabowo Jadi Menteri JokowiMassa yang tergabung dalam "Aktivis 98 Menolak" menggelar aksi tutup mulut di Taman Pandang Istana, Jakarta, Selasa (22/10/2019)(ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Ketua koordinator aksi Aktivis 98 Aznil Tan, mengungkapkan bahwa masuknya Prabowo ke dalam kabinet Jokowi-Ma'ruf membuat demokrasi tidak sehat.

"Check and balance-nya tidak bagus. Jadi demokrasi kita tidak sehat. Saya rasa Pak Prabowo harusnya tetap jadi oposisi," ujarnya dilansir dari Antara.

Baca Juga: Dulu Saling Sindir, Prabowo dan Sri Mulyani Bakal Jadi Rekan Kerja 

2. Prabowo salah satu pelanggar HAM

Aktivis 98 Gelar Aksi Tutup Mulut Tolak Prabowo Jadi Menteri JokowiANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Selain alasan merusak praktik demokrasi, Aktivis 98 menilai Prabowo Subianto merupakan salah satu pelanggar HAM (Hak Asasi Manusia) sehingga tidak dapat menjadi menteri terutama di bidang pertahanan.

"Itu akan mencederai wibawa negara kita," kata Aznil Tan.

3. Prabowo dipanggil Presiden Jokowi

Aktivis 98 Gelar Aksi Tutup Mulut Tolak Prabowo Jadi Menteri JokowiIDN Times/Irfan Fathurohman

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dipanggil ke Istana Kepresidenan untuk bertemu dengan Presiden Joko "Jokowi" Widodo pada Senin lalu.

Usai bertemu, Prabowo menegaskan siap membantu Jokowi di periode keduanya. Prabowo juga menyampaikan bahwa dirinya bakal menduduki posisi menteri di bidang pertahanan.

"Saya diminta beliau (Jokowi) di bidang pertahanan. Tadi Beliau memberi beberapa pengarahan. Saya akan bekerja serius untuk mencapai sasaran-sasaran yang dibutuhkan," kata Prabowo di Istana Kepresidenan, Senin (21/10).

4. PAN kaget Prabowo jadi menteri

Aktivis 98 Gelar Aksi Tutup Mulut Tolak Prabowo Jadi Menteri JokowiANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Sementara itu, Sekretaris Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Yandri Susanto, mengaku kaget Prabowo Subianto merapat ke pemerintahan Jokowi, namun Ia mengatakan menghormati sepenuhnya keputusan dari Prabowo Subianto tersebut. 

Meski begitu, ia mengaku tak habis pikir Prabowo Subianto merapat ke kabinet Jokowi mau menjadi menteri. Santer dikabarkan Prabowo Subianto bakal menduduki kursi Menteri Pertahanan. Dan hal itu juga ditegaskan Prabowo yang mengaku siap membantu Jokowi di bidang pertahanan. 

“Tapi tentu kita kaget juga Pak Prabowo mau jadi menteri, ya,” kata Yandri di Kompleks Parlemen DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (22/10)

Baca Juga: Prabowo Jadi Menhan, Luhut: Saya Kira Itu Sudah Tepat

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya