Akun Twitter Juru Wabah UI Pandu Riono Diretas, Gegara Terlalu Vokal?

Pandu Riono kerap vokal soal COVID-19 di media sosial

Jakarta, IDN Times - Akun Twitter pakar epidemiologi Universitas Indonesia, Pandu Riono diretas orang tak dikenal. Akun resmi @drpriono pada Rabu (19/8/2020) sekira pukul 22.00 membagikan status yang tidak biasa.

Dalam postingannya itu, terdapat beberapa foto bersama seorang wanita yang disertai tulisan yang tidak pernah menuliskan kata-kata yang tidak lazim yang biasa ditulis juru wabah di akun media sosialnya.

1. Pandu membenarkan insiden tersebut

Akun Twitter Juru Wabah UI Pandu Riono Diretas, Gegara Terlalu Vokal?Ilustrasi Hacker (IDN Times/Mardya Shakti)

Saat dikonfirmasi IDN Times, Pandu membenarkan bahwa akun media sosialnya diretas orang tidak dikenal. Meski demikian, Pandu belum memastikan apakah akan melaporkan insiden tersebut.

"Ya kena serangan gencar," ujarnya Kamis (20/8/2020) pagi.

2. Pandu akan mengisi acara dari Indikator

Akun Twitter Juru Wabah UI Pandu Riono Diretas, Gegara Terlalu Vokal?Twitter@drpriono

Walaupun demikian peristiwa ini tidak menyurutkan Pandu yang selalu memberikan kritik dan saran terhadap pemerintah dalam penanganan wabah COVID-19.

Sebelum akun tersebut diretas, Pandu Riono mengikuti acara virtual Adaptasi Kebiasaan Baru bersama Pemprov Jabar yang dihadiri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Rencananya, Pandu juga akan mengisi acara yang digelar Indikator Politik Indonesia siang ini bertajuk efek kepemimpinan dan kelembagaan dalam penanganan COVID-19.

3. Netizen samakan kasus peretasan akun media sosial Pandu dengan Ravio Patra

Akun Twitter Juru Wabah UI Pandu Riono Diretas, Gegara Terlalu Vokal?(Aktivis Ravio Patra) Facebook/Ravio Patra

Diketahui, Pandu memang kerap vokal di akun media sosial terutama soal wabah COVID-19 yang melanda tanah air. Sontak saja peristiwa ini menuai beragam komentar dari warganet.

"Akun dr Pandu Riono (Epidemiolog & dosen FKM UI), orang yg kerap kali mengkritik kebijakan pemerintah (terutama soal penanganan Covid) baru saja dibajak, jadi inget kasus Ravio Patra euy," tulis salah satu warganet.

"Wadaw jelek amat mainnya bos. Akun pakar epidemiolog berintegritas yang berani berseberangan dengan pemerintah demi kesehatan dan keselamatan rakyat gak mungkin twit begini. Tata cara tulisan nya juga beda. Penasaran siapa dah pelaku nya, apa orang yg sama yg ngerjain Ravio? Wkwk," ujar warganet lainnya.

Baca Juga: Pandu Riono: Harusnya Presiden yang Pimpin Penanggulangan COVID-19

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya