Alat Terapi Kanker Paling Canggih di RSCM Turut Terendam Banjir

Hanya satu-satunya di Indonesia dan paling mutakhir

Jakarta, IDN Times - Sejumlah alat radiologi dan radioterapi di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo tergenang air, akibatnya alat terapi kanker paling canggih bernama Tomotherapy yang menjadi kebanggaan rumah sakit pemerintah tersebut ikut terendam banjir pada Minggu (23/2).

Kepala Bagian Humas RSCM Ananto mengatakan seluruh alat radiologi dan radioterapi yang terdampak genangan air tersebut sedang dilakukan pengecekan untuk mengetahui terjadi kerusakan atau tidak.

"Sampai saat ini genangan sudah tidak ada. Alat-alat sedang dilakukan pengecekan, semua sedang dilakukan pengecekan," kata Ananto dilansir dari Antara, Senin (24/2).

1. Tomotherapy merupakan alat terapi kanker dengan teknologi termutakhir

Alat Terapi Kanker Paling Canggih di RSCM Turut Terendam Banjir(Kondisi RS Cipto Mangunkusumo pascabanjir) IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Diketahui alat kesehatan Tomotherapy merupakan alat terapi untuk kanker dengan teknologi termutakhir yang dimiliki oleh RSCM.

Tomotherapy mulai dioperasikan oleh RS Cipto Mangunkusumo sejak Desember 2016 yang merupakan pertama dan satu-satunya di Indonesia.

Baca Juga: Ini Biang Keladi yang Bikin RSCM Kebanjiran Menurut Pemprov DKI

2. Alat Tomotherapy hanya dimiliki di sejumlah negara Asia Tenggara

Alat Terapi Kanker Paling Canggih di RSCM Turut Terendam BanjirKondisi Pascabanjir di RSCM, Minggu (23/2). (IDN Times/Gregorius Aryodamar P.)

Keunggulan alat Tomotherapy ini adalah bisa memberikan terapi untuk pasien kanker dengan hanya menarget sel kanker di tempat tertentu tanpa merusak sel-sel lain di sekitarnya disertai tingkat keakurasian tinggi.

Selain itu, alat ini juga dapat menarget berbagai wilayah tubuh dengan jangkauan yang lebih luas serta waktu terapi yang lebih singkat dibanding alat radioterapi biasanya.

Alat Tomotherapy ini merupakan salah satu alat canggih kebanggaan RSCM karena hanya dimiliki di sejumlah negara Asia Tenggara seperti Singapura, Thailand, dan Filipina. Selain itu, tarif layanan Tomotherapy di RSCM juga jauh lebih murah dibandingkan dengan layanan yang sama di rumah sakit Singapura.

3. Gedung RSCM terendam banjir

Alat Terapi Kanker Paling Canggih di RSCM Turut Terendam Banjir(Kondisi RS Cipto Mangunkusumo pascabanjir) IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Hujan yang melanda ibu kota sejak Sabtu (22/2) malam hingga Minggu (23/2) dini hari menyebabkan banjir di sejumlah wilayah DKI Jakarta, termasuk RS Cipto Mangunkusumo.

Banjir yang melanda Jakarta juga menyebabkan masuknya air ke selasar Gedung RSCM dan juga termasuk ruangan radiologi dan radioterapi.

4. Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto cek langsung lokasi

Alat Terapi Kanker Paling Canggih di RSCM Turut Terendam BanjirMenkes Terawan saat tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Kamis (15/2) (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Kejadian banjir Jakarta yang juga merendam RS Cipto Mangunkusumo itu pun menarik perhatian Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto untuk mendatangi langsung lokasi tersebut.

Menkes Terawan melihat langsung dampak yang diakibatkan oleh banjir di Jakarta sehingga membuat berbagai alat kesehatan di RS rujukan utama milik pemerintah tersebut terendam genangan.

Baca Juga: Banjir di RSCM Merupakan Kejadian Pertama Kalinya

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya