Comscore Tracker

Alhamdulillah, Ketum PBNU Said Aqil Sembuh dari COVID-19

Said Aqil sempat dinyatakan positif COVID-19

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siroj dinyatakan sembuh dari COVID-19 setelah sebelumnya mengumumkan bahwa dia positif COVID-19 pada Sabtu (28/11/2020) lalu.

Dilansjr laman nu.or.id, informasi kesembuhan Said ini didapatkan dari Surat Keterangan Dokter (SKD) Klinik Rhemedi, Cipinang Melayu, Jakarta Timur yang ditandatangani dr Rheza Maulana S, pada Senin (7/12/2020) malam.  

1. Said Aqil tidak menunjukkan gejala COVID-19

Alhamdulillah, Ketum PBNU Said Aqil Sembuh dari COVID-19Ilustrasi tenaga medis. (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Dalam SKD tersebut dokter menyatakan telah memeriksa spesimen Pengasuh Pesantren Al-Tsaqafah ini pada Senin pagi, kemudian melakukan tes biomolekuler pada Senin malam.

Hasilnya, Said Aqil tidak menunjukkan gejala COVID-19 atau negatif COVID-19. 

“Pasien di atas telah menjalani pemeriksaan di klinik kami dan terkonfirmasi tidak menunjukkan gejala seperti flu atau COVID-19,” tulis keterangan itu. 

Baca Juga: Profil Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj yang Terpapar COVID-19

2. Said Aqil sempat dinyatakan positif COVID-19

Alhamdulillah, Ketum PBNU Said Aqil Sembuh dari COVID-19Ketua PBNU Kiai Said Aqil Siradj saat ditemui di Mapolda Jatim, Jumat (6/3). IDN Times/Fitria Madia

Sebelumnya, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj dinyatakan positif COVID-19. Said Aqil mendapatkan perawatan di sebuah rumah sakit di Jakarta.

“Sabtu 28 November pada pukul 19.30, hasil PCR Swab dari Al Mukarom Prof Dr KH Said Aqil Siroj menunjukkan hasil positif," kata sekretaris pribadinya Said Aqil, Sofwan Erce melalui siaran persnya, Senin (30/11/2020).

3. COVID-19 bukanlah aib

Alhamdulillah, Ketum PBNU Said Aqil Sembuh dari COVID-19Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 melakukan tes cepat COVID-19 (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Said Aqil kata Sofwan meminta agar kabar kondisinya disampaikan ke masyarakat dengan tujuan agar tetap waspada terhadap COVID-19. Said Aqil juga kata Sofwan sempat menyatakan bahwa terinfeksi COVID-19 bukanlah aib ataupun hal buruk.

“Sebagaimana yang sering beliau sampaikan bahwasanya COVID-19 ini bukanlah aib, bukanlah hal yang buruk dan bisa menimpa siapa saja dari latar belakang apa saja," ujarnya.

Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19, menggelar kampanye 3 M : Gunakan Masker, Menghindari Kerumunan atau jaga jarak fisik dan rajin Mencuci tangan dengan air sabun yang mengalir. Jika protokol kesehatan ini dilakukan dengan disiplin, diharapkan dapat memutus mata rantai penularan virus. Menjalankan gaya hidup 3 M, akan melindungi diri sendiri dan orang di sekitar kita. Ikuti informasi penting dan terkini soal COVID-19 di situs covid19.go.id dan IDN Times.

Baca Juga: Said Aqil Positif COVID-19, Menag Fachrul Doakan agar Cepat Sembuh

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya