Comscore Tracker

Anak Meninggal Usai Vaksin COVID-19, Komnas KIPI: Tunggu Investigasi 

Komnas KIPI belum temukan kasus meninggal usai vaksin

Jakarta, IDN Times - Ketua Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi (Komnas KIPI) Hindra Irawan Satari membenarkan kabar adanya seorang murid Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Cianjur, Jawa Barat, meninggal dunia sehari setelah vaksinasi COVID-19.

Namun, kata Hindra, pihaknya belum bisa menyimpulkan penyebab anak berinisial ZL meninggal dunia. Pihaknya saat ini masih menunggu hasil investigasi Komisi Daerah Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi (Komda KIPI).

"Sedang diinvestigasi Komda, selanjutnya setelah lengkap akan kita audit bersama Komnas KIPI," ujar dia saat dihubungi IDN Times, Kamis (20/1/2022).

Baca Juga: Lebih dari 12 Juta Vaksin Tiba, Total Vaksin RI Tembus 300 Juta Dosis

1. Belum ada kasus meninggal karena vaksin COVID-19

Anak Meninggal Usai Vaksin COVID-19,  Komnas KIPI: Tunggu Investigasi Pemuda bernama Trio Fauqi Virdaus, warga Buaran, Jakarta Timur, meninggal dunia sehari setelah disuntik vaksin COVID-19. (istimewa)

Hindra kembali menegaskan hingga saat ini belum ada kasus meninggal dunia yang disebabkan vaksinasi COVID-19. Data Komnas KIPI hingga 30 November 2021 menunjukkan, sebanyak 363 KIPI serius yang dilaporkan di seluruh provinsi di Indonesia.

“Namun kasus meninggal (sampai saat ini) belum ada,” tegas dia.

2. Jika merasakan efek samping pasca vaksinasi segera lapor

Anak Meninggal Usai Vaksin COVID-19,  Komnas KIPI: Tunggu Investigasi Juru bicara vaksin dari Kementerian Kesehatan, dr. Siti Nadia Tarmizi (Tangkapan layar YouTube Kemenkes)

Sementara, Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi, mengatakan antisipasi terjadinya KIPI merupakan salah satu fokus perhatian pemerintah.

Untuk itu, kata Nadia, pihaknya bekerja sama dengan Komnas KIPI di tingkat nasional dan Komda KIPI di daerah, untuk terus memantau dan memberikan edukasi kepada masyarakat.

“Bagi penerima vaksinasi yang merasakan adanya efek samping pasca-vaksinasi dapat langsung datang ke fasilitas pelayanan kesehatan, tempat dilakukannya vaksinasi untuk melapor, tidak diperlukan syarat apapun,” imbau Nadia.

Baca Juga: Ketagihan Vaksin, Budi Minta Vaksin Booster Pada Mas Dhito

3. Anak PAUD meninggal dunia setelah vaksinasi COVID-19

Anak Meninggal Usai Vaksin COVID-19,  Komnas KIPI: Tunggu Investigasi Petugas menginformasikan terkait sertifikat vaksin kepada sejumlah anak yang telah menjalani vaksinasi saat vaksinasi massal bagi anak di Gedung PKK Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (28/7/2021). (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Diketahui, anak PAUD berinisial ZL di Cianjur, Jawa Barat, melakukan vaksinasi COVID-19 yang digelar di salah satu sekolah dasar, Senin, 17 Januari 2022 pagi.

ZL sudah menjalani proses pemeriksaan dan mendapat persetujuan dari orang tuanya. Namun, usai vaksin, ZL demam dan kejang hingga dilarikan ke UGD Puskesmas dan dikabarkan meninggal dunia.

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya