Awas, Kasus Kebakaran Meningkat Saat Ramadan dan Lebaran karena Hal Ini

Dinas Gulkarmat DKI catat 33 kasus kebakaran selama Ramadan

Jakarta, IDN Times - Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Satriadi Gunawan mengakui saat bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri kasus kebakaran meningkat.

Satriadi mencatat berdasarkan data Dinas Gulkarmat DKI Jakarta sejak 23 sampai 28 Maret 2023 atau awal Ramadan 1444 Hijriah sudah terjadi 33 kasus kebakaran yang terjadi di lima wilayah kota.

"Ini disebabkan meningkatnya aktivitas warga dalam pemenuhan kebutuhan keluarga dan kegiatan ekonomi yang menjadi salah satu pemicu meningkatnya angka kasus kebakaran. Di antaranya, lupa mematikan kompor saat mempersiapkan hidangan untuk sahur," ujar Satriadi, Kamis (30/3/2023).

1. Cuaca panas juga picu kebakaran

Awas, Kasus Kebakaran Meningkat Saat Ramadan dan Lebaran karena Hal IniKepala Damkar DKI Jakarta Satriadi di Balai Kota, Senin (27/3/2023). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Satriadi mengatakan kasus kebakaran di Jakarta juga dipicu dari meningkatnya pemanfaatan arus listrik untuk pemenuhan stok barang di tempat usaha seperti pabrik, kios dan lain sebagainya.

"Serta cuaca panas yang sempat terjadi beberapa hari lalu juga mempengaruhi meningkatnya kasus kebakaran di Jakarta," kata Satriadi.

 

Baca Juga: Heboh Anggaran Gunting Pita Mudik Gratis DKI Rp3,27 Miliar, Benarkah?

2. Petugas sosialisasi pencegahan kebakaran di 39 ribu lokasi

Awas, Kasus Kebakaran Meningkat Saat Ramadan dan Lebaran karena Hal IniKebakaran terjadi di Gudang C Dunex, Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara. (dok. Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta)

Ia menegaskan, petugas Gulkarmat DKI Jakarta hingga saat ini terus melakukan sosialisasi kepada warga untuk mencegah kebakaran.

"Kami rutin menggelar sosialisasi atau woro-woro melalui pengeras suara di masjid dan musala untuk mengingatkan warga Jakarta. Hampir 39 ribu lokasi yang telah digelar sosialisasi untuk mencegah terjadinya kebakaran," tegasnya.

 

3. Warga diminta cek peralatan listrik

Awas, Kasus Kebakaran Meningkat Saat Ramadan dan Lebaran karena Hal IniIlustrasi meteran listrik (dok. PLN)

Satriadi mengungkapkan dalam sosialisasi tersebut petugas meminta  mengecek peralatan kelistrikan dan selang tabung gas di rumah.

“Warga juga diminta menggunakan peralatan listrik sesuai standar SNI dan pemakaian sesuai ketentuan untuk mengantisipasi terjadi korsleting listrik,” tuturnya.

Baca Juga: PSI Minta Pemprov DKI Aktif Tawarkan Venue Alternatif Piala Dunia U20 

4. Jangan lupa cek kompor jika meninggalkan rumah

Awas, Kasus Kebakaran Meningkat Saat Ramadan dan Lebaran karena Hal IniIlustrasi Kebakaran (IDN Times/Mardya Shakti)

Satriadi juga mengimbau warga Jakarta agar tidak lupa mencabut peralatan listrik yang terpasang serta rajin mengecek kompor gas terutama saat hendak meninggalkan rumah untuk menunaikan salat Tarawih.

"Imbauan ini juga disampaikan kepada warga yang hendak mudik ke kampung halaman. Pastikan rumah yang ditinggal aman dari musibah kebakaran serta titip rumah kepada tetangga yang tidak pulang saat lebaran," imbaunya.

 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya