Banjir Underpass Kemayoran, Sekretariat Presiden Sentil Dinas SDA DKI

Lebih baik duduk bersama dibanding bicara ke media

Jakarta, IDNTimes - Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono angkat bicara terkait pernyataan Sekretaris Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Dudi Gardesi yang menyampaikan underpass Kemayoran yang terkena banjir merupakan wewenang pemerintah pusat.

“Saya rasa mari kita bersama-sama berdiskusi membahas apa yang menjadi kendala di lapangan, bukan seperti yang dilakukan Sekretaris Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta berbicara di media,” ujar Heru dalam siaran tertulis, Minggu (26/1).

1. Jangan berpolemik tentang banjir

Banjir Underpass Kemayoran, Sekretariat Presiden Sentil Dinas SDA DKIMuhammad Imam Birawa/IDN Times

Heru menyampaikan agar pejabat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tidak berpolemik dalam masalah banjir.

“Saya minta jajaran pejabat Pemda DKI, khususnya dalam menangani banjir agar tidak berpolemik, tapi harus bersinergi. Mari kita bersama-sama mengatasi banjir ini, kita utamakan kelancaran pelayanan publik dan kepentingan masyarakat,” ucap Heru.

2. Sinergisitas antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah lebih diutamakan, dibandingkan harus berpolemik di media

Banjir Underpass Kemayoran, Sekretariat Presiden Sentil Dinas SDA DKIMuhammad Imam Birawa

Heru berharap agar sinergisitas antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah lebih diutamakan, dibandingkan harus berpolemik di media.

Menurutnya, underpass Kemayoran yang sudah terbangun, telah melalui pembahasan antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan pemerintah pusat.

“Pasti sudah ada design engineering yang telah dibahas bersama antara Tim DKI dan Kementerian PU,” kata Heru.

3. Underpass kemayoran tergenang

Banjir Underpass Kemayoran, Sekretariat Presiden Sentil Dinas SDA DKIBanjir di Underpass Kemayoran, lalu lintas dialihkan (Muhammad Imam Birawa/IDN Times)

Sebelumnya, Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta menyebutkan bahwa Underpass (terowongan) Kemayoran yang hingga saat ini tergenang akibat hujan di Jakarta, Sabtu ini tanggung jawab pengelolaannya oleh Pemerintah Pusat.

"Iya betul, Underpass Kemayoran berada di bawah pusat, tepatnya Sekretariat Negara (Setneg), seperti kawasan GBK (Gelora Bung Karno)," kata Sekretaris Dinas SDA DKI dilansir dari Antara.

4. Provinsi DKI Jakarta turut membantu pemompaan air yang tergenang di Underpass Kemayoran itu

Banjir Underpass Kemayoran, Sekretariat Presiden Sentil Dinas SDA DKI(Pemadam kebakaran menggunakan pompanya sendiri untuk menyedot banjir di underpass Kemayoran) IDN Times/Imam Birawa

Alasan Underpass Kemayoran berada di bawah pengelolaan Pemerintah Pusat karena sebelumnya kawasan itu merupakan landasan terbang pesawat sebelum berpindah ke Bandara Soekarno Hatta.

Meski berada di bawah kewenangan Pemerintah Pusat, Dudi mengatakan Provinsi DKI Jakarta turut membantu pemompaan air yang tergenang di Underpass Kemayoran itu.

"Iya kalau gak salah ada dua atau tiga unit dari SDA, ada juga dari dinas Gulkarmat ya, terus dari Pemerintah Pusat juga turunkan unit untuk pemompaan. Jadi, sama-sama berusaha menanggulangi kawasan yang tergenang itu," kata Dudi.

Baca Juga: Pompa Air Underpass Kemayoran Mati, Banjir Masih Merendam Kawasan Itu

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya