Bansos Rp600 Ribu untuk Warga Luar Jabodetabek Cair Akhir April 

Saat ini Kemensos dan pemda masih matangkan data penerima

Jakarta, IDN Times - Pemerintah pusat mulai menyalurkan sejumlah bantuan untuk masyarakat di tengah pandemi COVID-19. Kementerian Sosial (Kemensos) antara lain membagikan paket sembako untuk warga di Jabodetabek. Sedangkan di luar Jabodetabek akan mendapatkan bantuan sosial tunai sebesar Rp600 ribu.

"Di luarJabodetabek kita akan memberikan bantuan sosial tunai selama tiga bulan sebesar Rp600.000 per keluarga," ujar Menteri Sosial Juliari Batubara dalam video yang diterima IDN Times, Selasa (21/4)

1. Bansos tunai masih tahap koordinasi data dengan Pemda

Bansos Rp600 Ribu untuk Warga Luar Jabodetabek Cair Akhir April Kemensos salurkan paket sembako (Dok. Kemensos)

Mensos Juliari mengatakan untuk distribusi Bansos sembako Jabodetabek sudah mulai berjalan meskipun masih bertahap, namun untuk Bansos tunai saat ini memerlukan koordinasi yang matang antara Kementerian Sosial dengan Pemerintah Daerah.

"Bansos tunai perlu koordinasi dulu antara Pemda dengan Kementerian Sosial yang saat ini sedang berlangsung, karena ini menyangkut jumlah banyak dan juga tentunya kita tidak ingin berdebat soal data," tegas Mensos Juliari.

2. Kemensos serahkan data penerima ke Pemda

Bansos Rp600 Ribu untuk Warga Luar Jabodetabek Cair Akhir April Kemensos salurkan paket sembako (Dok. Kemensos)

Terkait data, Kemensos menyerahkan persoalan data penerima bansos kepada pemerintah daerah.

"Kita menyerahkan datanya dari daerah dulu baru kita, setelah kita terima semua baru kita crosscheck ya untuk kegiatan tersebut, apabila ada keluarga yang ternyata sudah masuk ke dalam penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) dan kartu sembako maka akan langsung dicoret," terangnya

3. Bansos tunai mulai cair akhir bulan

Bansos Rp600 Ribu untuk Warga Luar Jabodetabek Cair Akhir April Bantuan untuk warga DKI Jakarta selama PSBB (Facebook/Pemprov DKI Jakarta)

Untuk waktu penyaluran Bansos tunai, Mensos Juliari berharap mulai disalurkan pada April minggu ke empat.

"Saya harapkan bulan ini, tapi tidak bisa langsung serentak karena menyangkut pendataan, namun minggu ke empat Bulan April sebaiknya sudah mulai jalan," ujarnya.

4. Pemerintah kucurkan stimulus untuk social safety net sebesar Rp110 triliun

Bansos Rp600 Ribu untuk Warga Luar Jabodetabek Cair Akhir April Ilustrasi pembagian paket sembako (Dok. Kemensos)

Seperti diketahui presiden mengumumkan langkah pemerintah mengatasi pandemi Covid-19 dengan meluncurkan tambahan belanja dan pembiayaan APBN 2020, senilai Rp405,1 triliun.

“Dalam paket stimulus itu, untuk social safety net sebesar Rp110 triliun. Untuk penyaluran paket sembako langsung ini, merupakan bagian dari dukungan logistik," jelas Mensos Juliari.

Baca Juga: Bantuan Sosial Pemprov DKI Jakarta Disebut Tak Tepat Sasaran

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya