Comscore Tracker

Bantu Korban Asap, Puluhan Jurnalis Galang Dana di Bundaran HI

"Alhamdulillah sudah terkumpul Rp18 juta."

Jakarta, IDN Times - Sebanyak 30 Jurnalis dari berbagai media cetak, foto, radio, online, dan televisi di Jakarta yang tergabung dalam komunitas Mata Rantai melakukan aksi penggalangan dana di Bundaran Hotel Indonesia, Minggu (22/9).

Dana yang terkumpul akan digunakan untuk membantu para korban yang terpapar asap akibat kebakaran lahan dan hutan di Riau, Pekanbaru, dan Kalimantan.

"Aksi penggalangan dana sudah kami lakukan sejak lima hari lalu dan saat ini alhamdulillah sudah terkumpul Rp18 juta," kata jurnalis BeritaSatu TV, Rio Cornelianto, salah seorang peserta aksi.

1. Kotak sumbangan juga ditempatkan di kantor media

Bantu Korban Asap, Puluhan Jurnalis Galang Dana di Bundaran HIIDN Times/Dini Suciatiningrum

Rio mengatakan penggalangan dana sebenarnya sudah berjalan lima hari. Dia mengungkapkan anggota Mata Rantai aktif menggalang dana dengan membuka rekening untuk donasi yang kemudian disebarkan di media sosial masing-masing.

"Selain aktif di media sosial, para jurnalis juga menyediakan kotak sumbangan yang ditempatkan di kantor masing-masing media," jelasnya.

Baca Juga: Kabut Asap Semakin Pekat, Mahasiswa Ini Cemaskan Nasib Ibu Bapaknya

2. Donasi akan didistribusikan Rabu mendatang

Bantu Korban Asap, Puluhan Jurnalis Galang Dana di Bundaran HIIDN Times/Dini Suciatiningrum

Rio menambahkan dana yang terkumpul akan digunakan untuk membeli masker dan obat untuk didistribusikan di daerah yang terkena kabut asap akibat karhutla.

"Kami usahakan untuk mendistribusikan bantuan ke tempat yang terdalam dahulu, dan kami pastikan bantuan sampai ke tujuan, insya Allah akan kami salurkan Rabu (25/9) mendatang," katanya.

3. Asap di Riau semakin pekat

Bantu Korban Asap, Puluhan Jurnalis Galang Dana di Bundaran HIIDN/Istimewa

Ketua aksi, Riman Wahyudi dari Radio Elshinta, mengatakan aksi penggalangan dana ini digelar untuk meringankan beban korban yang terkena kabut asap akibat kebakaran lahan dan hutan.

"Kami mendapat kabar dari Jurnalis di Riau, Kalimantan, Sumatera bahwa udara sana tidak hanya pekat tetapi sudah menguning, sehingga kami yang ada di Jakarta berusaha membantu mereka dengan menggalang dana," ujar Riman.

4. Donasi untuk masker dan obat batuk korban kabut asap

Bantu Korban Asap, Puluhan Jurnalis Galang Dana di Bundaran HIIDN Times/Istimewa

Lebih lanjut Riman mengungkapkan dana yang terkumpul nantinya akan dibelikan masker N9 serta obat batuk untuk mengurangi penderitaan para korban kabut asap.

"Jika dana yang terkumpul banyak kami akan sebarkan di semua daerah yang terkena karhutla namun jika terbatas mungkin akan kami prioritaskan beli obat batuk dulu karena banyak warga yang terkena dampak dari karhutla," imbuhnya.

Aksi yang berjalan satu jam tersebut antara lain diikuti jurnalis dari BeritaSatu TV, CNN, RRI, MNCTV, Metro TV, Kumparan, Medcom, dan Radio Elshinta.

Baca Juga: Asap Pekat di Langit Pekanbaru, 4 Maskapai Alihkan Penerbangan

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You