Bantu Tenda Khusus Korban Gempa Cianjur, Risma: Saya Desain Sendiri

Kemensos salurkan bantuan Rp14,8 M untuk gempa Cianjur

Jakarta, IDN Times - Laju mobil yang membawa rombongan Menteri Sosial Tri Rismaharini berhenti di depan kompleks niaga di Desa Sukamanah, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Mensos mendadak menghentikan mobilnya ketika melihat pengungsi korban gempa berteduh di tenda seadanya di samping kompleks tersebut. Dia melihat banyak perempuan, lansia, dan anak-anak yang tidur di tenda beralaskan terpal.

"Ibu butuh apa? Nanti saya kirimkan tenda ke sini ya," katanya, kepada warga korban gempa Cianjur, dalam siaran tertulis, Rabu (23/11/2022).

Baca Juga: Korban Gempa yang Dirawat di RSUD Cianjur Kebanyakan Patah Tulang

1. Risma siapkan tenda khusus untuk pengungsi korban gempa Cianjur

Bantu Tenda Khusus Korban Gempa Cianjur, Risma: Saya Desain SendiriMensos Tri Rismaharini kunjungi lokasi gempa Cianjur, dok Kemensos

Mantan Wali Kota Surabaya itu juga menyiapkan tenda khusus keluarga yang didesain sendiri.

"Tenda keluarga untuk masyarakat yang enggan meninggalkan rumah, khusus untuk keluarga, itu saya desain sendiri. Tenda ini dirancang agar bisa didirikan dengan mudah oleh siapa pun, termasuk lansia," ujar Risma.

2. Risma berkeliling ke beberapa titik lokasi gempa

Bantu Tenda Khusus Korban Gempa Cianjur, Risma: Saya Desain SendiriMensos Tri Rismaharini kunjungi lokasi gempa Cianjur. (dok Kemensos)

Tiba di lokasi bencana Selasa (22/11/2022) dini hari, Risma berkeliling ke beberapa titik, salah satunya di RSUD Sayang yang menampung ratusan korban luka-luka.

Di rumah sakit ini, dia bahu-membahu bersama tim Kemensos, Sentra Phalamarta, tenaga medis, dan relawan lainnya mendirikan tenda, dan menyediakan velbed untuk korban, mengingat masih banyak yang tidur tanpa alas karena fasilitas yang overload akibat banyaknya korban.

3. Para pengungsi kekurangan air bersih

Bantu Tenda Khusus Korban Gempa Cianjur, Risma: Saya Desain SendiriSejumlah pegawai mengevakuasi rekannya yang terluka saat gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,6 di Bunikasih, Warungkondang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11/2022). (ANTARA FOTO/HO/Humas BPBD Cianjur)

Risma juga mengecek penyaluran bantuan di lapangan Warungkondang. Dia menemukan pengungsi yang kekurangan air bersih. Risma langsung mengirimkan bantuan berupa toilet dan air bersih.

Di lokasi tersebut, Mensos menempatkan Sentra Handayani untuk mengakomodasi kebutuhan para penyintas.

Sejauh ini, Sentra Handayani sudah menempatkan tenaga medis yang diturunkan door to door untuk mengobati masyarakat yang terluka dan masih bertahan di rumah.

Beberapa bantuan seperti makanan siap saji, kasur, makanan anak, dan alat kebersihan diri juga sudah disalurkan. Layanan dukungan psikososial juga sudah menjangkau anak-anak.

Baca Juga: 7 Fakta Menarik Cianjur, Kota Santri Jawa Barat yang Rawan Gempa

4. Kemensos telah menggelontorkan bantuan senilai Rp14,8 milliar

Bantu Tenda Khusus Korban Gempa Cianjur, Risma: Saya Desain SendiriMensos Tri Rismaharini kunjungi lokasi gempa Cianjur, dok Kemensos

Di titik lainnya, yaitu di Masjid Jami Alhikmah di Desa Sukamanah, Kecamatan Karang Tengah, Risma juga menugaskan Sentra Abiyoso. Di lokasi ini, dia sempat berbincang dengan ibu-ibu yang sedang memasak di dapur umum yang didirikan secara swadaya.

Risma mengarahkan jajarannya agar mendirikan lebih banyak tenda untuk mengantisipasi datangnya hujan.

Selanjutnya, Risma mengecek titik pengungsian di Taman Prawatasari di Sawah Gede, Kecamatan Cianjur. Lokasi ini ditangani Sentra Galih Pakuan.

Sejak tiba Senin (21/11/2022) malam, Sentra sudah melakukan kegiatan LDP untuk anak, hypnotherapy, bantuan sembako ke dapur umum, dan bantuan nutrisi ke lansia dan anak.

"Setidaknya lebih dari 500 orang mengungsi di lokasi ini," kata Risma.

Adapun sejak gempa mengguncang Cianjur pada Senin (21/11) siang, Kemensos telah menggelontorkan bantuan senilai Rp14,8 miliar.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya