Bayi 10 Bulan Dijadikan Manusia Silver, Risma Carikan Ibunya Pekerjaan

Kemensos lakukan program pemberdayaan

Jakarta, IDN Times - Menteri Sosial Tri Rismaharini buka suara terkait bayi sepuluh bulan di Tangerang yang dijadikan manusia silver oleh sang ibu. Risma mengaku kasihan melihat kondisi mereka.

Untuk itu, Kementerian Sosial akan memberikan program pemberdayaan pada ibu dari bayi laki-laki “Manusia Silver" di Balai milik Kementerian Sosial.

"Sebetulnya kalau lihat sejarahnya kasihan. Tapi sekarang mereka sudah ada balai kami, nanti akan kita lakukan pemberdayaan untuk ibunya," ujar Mensos pada awak media di Kantor Kemensos, Senin (27/9/2021).

 

1. Risma siapkan pekerjaan

Bayi 10 Bulan Dijadikan Manusia Silver, Risma Carikan Ibunya PekerjaanAnak-anak menjadi manusia silver di tengah pandemik di Jalan Raya Caman, Rabu (12/8/2020) (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Risma menerangkan pemberdayaan tersebut dilakukan agar sang ibu tidak meninggalkan anaknya dan tetap berusaha.

"Kami kan punya sentranya, dia bisa bekerja di situ selama ini dititipkan karena ibunya harus bekerja. Untuk itu kita siapkan kerjaan untuk ibunya sehingga dia tidak harus menitipkan bayinya," imbuh Risma.

 

Baca Juga: Kisah Salwa, Bocah Manusia Silver yang Menangis di Depan Risma   

2. Risma terjunkan tim

Bayi 10 Bulan Dijadikan Manusia Silver, Risma Carikan Ibunya PekerjaanManusia silver di Jalan Raya Margonda, Kecamatan Beji, Depok. (IDNTimes/Dicky)

Risma kini menerjunkam tim dari Kementerian Sosial untuk mengumpulkan orang-orang yang bekerja di jalanan atau yang hidup di bawah jembatan.

“Kita selesaikan satu-satu. Itu ada yang sudah kerja di sini, tapi yang masih anak-anak di balai, terus kita tawari untuk bekerja,” ujar Risma.

3. Video bayi silver viral di media sosial

Bayi 10 Bulan Dijadikan Manusia Silver, Risma Carikan Ibunya PekerjaanIlustrasi balita (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Sebelumnya, video balita diduga dibawa mengemis oleh seorang wanita muda manusia silver di Pamulang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) viral di media sosial Instagram @tangsel.info, Sabtu (25/9/2021).  Sabtu (25/9/2021). 

Dalam video tersebut, seorang wanita muda mengemis sebagai manusia silver. Ironisnya, si bayi digendong wanita itu saat mengemis tampak seluruh tubuhnya dicat silver dan kepalanya ditutup plastik. 

Dari keterangan video yang beredar tersebut, diketahui perempuan tersebut mengemis membawa anaknya di depan SPBU Pertamina Parakan, Pamulang, Kota Tangsel.

Baca Juga: Kisah Haru Manusia Silver Terpisah dari Keluarganya dan Bertemu Risma

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya