Bayi 10 Bulan Positif COVID-19 Gegara Dicium Orang saat Diajak Takziah

Ada 13 orang yang positif COVID-19 dari klaster takziah itu

Jakarta, IDN Times - Seorang bayi berusia 10 bulan di Pekanbaru, Riau dinyatakan positif terinfeksi virus corona atau COVID-19. Bayi tersebut diduga tertular saat takziah.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Nazir mengatakan, orang tua bayi tersebut mengajak anaknya melayat atau takziah ke rumah kerabat mereka yang meninggal karena COVID-19, berinisial NC. Orang tua bayi itu diketahui tidak tertular virus corona, tapi yang kena anak mereka.

“Bayi ini diajak ke takziah. Dia dicium-cium orang di sana karena lucu, dan yang hadir di sana sudah ada yang positif (COVID-19),” kata Mimi seperti dilansir Antara, Kamis (25/6).

Baca Juga: 7,9 Persen Pasien Positif COVID-19 di Indonesia adalah Anak-anak

1. Bayi itu menjadi bagian dari klaster takziah pasien virus corona yang sudah meninggal

Bayi 10 Bulan Positif COVID-19 Gegara Dicium Orang saat Diajak TakziahPemakaman jenazah COVID-19 di TPU Tegal Alur, Senin 6 April 2020 (IDN Times/Uni Lubis)

Mimi mengatakan, bayi tersebut adalah salah satu dari 24 pasien positif baru sehingga jumlah positif COVID-19 di Riau menjadi 217 orang.

Bayi itu menjadi bagian dari klaster penularan Palembang, yang berawal dari pasien positif berinisial NC yang punya riwayat perjalanan dari Palembang dan telah meninggal dunia, kemudian menjadi klaster takziah.

2. Selain bayi tersebut, kini sudah ada 13 orang yang positif COVID-19 dari klaster yang sama

Bayi 10 Bulan Positif COVID-19 Gegara Dicium Orang saat Diajak TakziahRapid test massal Unhas Makassar. IDN Times/Unhas Makassar

Bayi tersebut kini sudah diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru. Dari klaster Palembang atau takziah tersebut, Mimi mengatakan, kini sudah ada 13 orang yang positif COVID-19.

“Penyebaran dari klaster ini sangat cepat. Ini juga jadi peringatan untuk masyarakat karena yang rentan tertular itu balita dan manula,” katanya.

3. Pasien positif virus corona di Riau total ada 217 kasus

Bayi 10 Bulan Positif COVID-19 Gegara Dicium Orang saat Diajak TakziahRapid test massal Unhas Makassar. IDN Times/Unhas Makassar

Masih kata Mimi, kini ada dua klaster penularan besar yakni klaster Palembang dan Klaster BRI yang sudah ada 17 pasien positif. Namun dari klaster BRI, sudah ada tiga orang yang sembuh.

“Kabar baik hari ini, terdapat tiga orang pasien positif yang dirawat di RSUD Arifin Achmad yang dinyatakan sembuh yaitu H, RD, dan N. Semuanya dari Kota Pekanbaru, ketiganya dari klaster BRI,” ujarnya.

Mimi menambahkan, total di Riau ada 217 kasus positif COVID-19. Rinciannya 88 dirawat, 120 sehat dan sudah dipulangkan, dan sembilan meninggal dunia. 

Baca Juga: 5 Provinsi yang Nihil Penambahan Kasus Virus Corona Hari ini

Topik:

  • Sunariyah
  • Septi Riyani
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya