Bengkel Kerja untuk Penyandang Disabilitas Mulai Dibangun Pekan Depan

Hasil karya kaum disabilitas akan dibeli Kemensos

Jakarta, IDN Times - Menteri Sosial Juliari P. Batubara mengatakan ground breaking pembangunan bengkel kerja (workshop) untuk penyandang disabilitas di Cibitung, Kabupaten Bekasi rencananya akan dilakukan pertengahan Desember.

"Peresmiannya antara tanggal 16 atau 17 nanti di Cibitung," ujar Juliari usai kegiatan Internalisasi dan Pembumian Pancasila dan Penguatan Wawasan Kebangsaan di Lingkungan Kemensos di Gedung Konvensi TMPN Kalibata, Jakarta Selatan, Senin (9/12).

1. Bengkel kerja untuk kaum disabilitas dibangun oleh CSR

Bengkel Kerja untuk Penyandang Disabilitas Mulai Dibangun Pekan DepanMenteri Sosial Juliari P. Batubara berpose bersama peserta jalan sehat disabilitas rangkaian acara Hari Disabilitas Internasional di FX Sudirman, Jakarta, Minggu (1/12)/ IDN Times Dini suciatiningrum

Juliari menjelaskan bengkel kerja tersebut dibangun oleh PT Metropolitan Land Tbk (Metland) melalui Yayasan Metropolitan Peduli (YMP) yang menyediakan lahan khusus yang dinamakan "ability land".

"Jadi anggarannya dari CSR, itu merupakan satu kawasan, ada beberapa unit dimana kaum disabilitas bisa berkarya di situ memproduksi dan juga memasarkan hasilnya," katanya.

2. Mensos ingin produk dari bengkel kerja dibeli Metland

Bengkel Kerja untuk Penyandang Disabilitas Mulai Dibangun Pekan Depan(Ilustrasi penyandang disabilitas) IDN Times/Candra Irawan

Juliari berharap nantinya produk-produk karya kaum disabilitas yang dihasilkan dari bengkel kerja tersebut bisa diambil oleh Metland Group sehingga tidak terbebani biaya sewa.

"Jadi tidak hanya bagi hasil saja tetapi saya minta agar Metland Group bahkan yang lain termasuk Kemensos membeli produk yang dihasilkan teman difabel," ujarnya.

3. Kemensos akan rutin berbelanja produk yang dihasilkan penyandang disabilitas

Bengkel Kerja untuk Penyandang Disabilitas Mulai Dibangun Pekan DepanMenteri Sosial, Juliari Batubara saat diwawancara wartawan di Hotel Mercure Surabaya, Rabu (4/12). IDN Times/Ardiansyah Fajar

Juliari berencana Kemensos akan rutin berbelanja produk yang dihasilkan penyandang disabilitas jika nanti sudah berjalan. Terkait konsep, Juliari belum bisa menerangkan jauh sebab saat ini masih proses menuju ground breaking.

"Saya ingin produk disabilitas Kemensos yang beli," ujarnya.

4. Tidak hanya bisa berkarya, penyandang disabilitas juga bisa jadi abdi negara

Bengkel Kerja untuk Penyandang Disabilitas Mulai Dibangun Pekan DepanMenteri Sosial Republik Indonesia, Juliari P Batubara. (IDN Times/Ayu Afria)

Tidak hanya memberi ruang berkarya Kemensos juga memberikan perhatian lebih kepada penyandang disabilitas yang ingin menjadi abdi negara. Bahkan, Kemensos juga menambah kuota lebih dari dua persen bagi penyandang disabilitas.

"Seluruh kementerian mendapatkan kuota dua persen namun di Kementerian Sosial di atas dua persen," katanya.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb.

Baca Juga: Hari Disabilitas Internasional, Mensos Soroti Fasilitas Publik

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya