Comscore Tracker

Bersiap, Menkes Ungkap Puncak Gelombang Omicron BA Pertengahan Juli 

Pemerintah imbau masyarakat segera booster

Jakarta, IDN Times - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, semua negara saat ini juga tengah bersiap menghadapi gelombang berikutnya akibat kemunculan dua subvarian Omicron BA.4 dan BA.5.

Budi memprediksi lonjakan kasus COVID-19 Indonesia terjadi pada pertengahan Juli.

"Pengamatan kami gelombang BA.4 dan BA.5 biasanya puncaknya tercapai 1 bulan sesudah penemuan kasus pertama. Seharusnya Minggu kedua dan ketiga Juli 2022 ini akan melihat puncak kasus dari penularan BA.4 dan BA.5 ini," kata Budi saat memberikan keterangan pers secara daring, Senin (13/6/2022).

1. Kalau laju vaksinasi booster baik maka tak terjadi lonjakan

Bersiap, Menkes Ungkap Puncak Gelombang Omicron BA Pertengahan Juli Humas Pemkot Tangerang

Budi mengatakan, jika laju vaksinasi booster di masyarakat berjalan baik, maka kemungkinan puncak kasus tidak akan tinggi. Pasalnya, masyarakat akan memiliki daya tahan imunitas bertahan selama 6 bulan jika melakukan booster.

“Jika hal tersebut bisa kita jaga, maka Indonesia akan menjadi satu negara yang pertama-tama dalam 12 bulan tidak mengalami lonjakan kasus COVID-19, karena biasanya lonjakan kasus terjadi setelah 6 bulan kasus-kasus itu terjadi," ucapnya.

Baca Juga: Menkes: Ada 8 Kasus Omicron BA.4 dan BA.5 di Indonesia, Ini Kondisinya

2. Menkes imbau masyarakat lakukan booster

Bersiap, Menkes Ungkap Puncak Gelombang Omicron BA Pertengahan Juli Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin

Untuk itu, Budi mengimbau masyarakat untuk melakukan vaksinasi booster agar meningkatkan kekebalan atau imunitas tubuh masyarakat untuk melindungi sampai enam bulan ke depan.

"Mudah-mudahan Idul Adha dan 17 Agustus 2022 kita pun bisa merayakan hari raya dan hari kemerdekaan itu dengan baik," ujarnya.

Baca Juga: Waspada, Subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 Terdeteksi di Jakarta 

3. Sebaiknya tetap gunakan masker ya

Bersiap, Menkes Ungkap Puncak Gelombang Omicron BA Pertengahan Juli Ilustrasi (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Budi menyarankan agar masyarakat tetap menggunakan masker di luar ruangan yang padat atau di tengah kerumunan, sementara jika di dalam ruangan ber-AC sebaiknya juga memakai masker.

“Tidak ada ruginya kita bersikap hati-hati dan waspada untuk melindungi keluarga,” imbaunya.

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya