Comscore Tracker

BJ Habibie Bagi-bagi Uang Rp50 Ribu Tiap Jumat

Warga merasa sangat kehilangan dengan wafatnya Habibie

Jakarta, IDN Times - Tiga ibu-ibu warga Patra, Kuningan, Jakarta Selatan mengintip di balik puluhan karangan bunga. Mengenakan kaus dan celana pendek, mereka melihat suasana kediaman rumah duka Presiden ke-3 Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie. Mereka penasaran, ingin melihat pejabat yang datang melayat.

Mereka merasa kehilangan sosok BJ Habibie. Nunung, satu dari tiga ibu tersebut mengungkapkan, Bapak Teknologi Indonesia itu merupakan orang yang ramah dan dermawan.

Setiap Jumat, Habibie membagikan masing-masing Rp50 ribu untuk warga kurang mampu, janda, dan para dhuafa yang sudah berkumpul di Masjid Darussalam.

"Sudah lama kebiasaan Pak Habibie bagi-bagi rezeki, ya sejak Ibu Ainun masih ada sih. Pak Habibie selalu berikan uang Rp50 ribu pada warga kurang mampu usai salat jumat," cerita Nunung yang tinggal di kawasan Kuningan.

Tidak hanya itu, setiap Ramadan tiba, keluarga Habibie senantiasa mengajak warga sekitar untuk buka puasa bersama.

"Pak Habibie orangnya baik, sering ngajak buka puasa bareng, ya kadang kami yang merasa malu meski Pak Habibie tidak membedakan status mau kaya atau miskin.

"Kini sudah tidak ada yang bagi duit tiap jumat," keluhnya.

BJ Habibie tutup usia di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Rabu (11/9) pukul 18.05 WIB. Jenazahnya dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Timur, Kamis (12/9) siang.

Upacara pemakaman dipimpin langsung Presiden Republik Indonesia, Joko "Jokowi" Widodo. Habibie dimakamkan di samping makam istrinya, almarhumah Ainun Habibie.

Baca Juga: Jawaban Habibie Soal Ainun Ini Bikin Hanung Bramantyo Tersentuh

Topic:

  • Sunariyah

Just For You