Comscore Tracker

Blusukannya Dituduh Settingan, Risma: Gimana Nyetting, Saya Gak Kenal 

Tudingan blusukan Risma settingan viral di media sosial

Jakarta, IDN Times - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini atau yang akrab disapa Risma, seketika tertawa saat mendengar tudingan bahwa blusukannya menemui tunawisma di Jalan Jalan Sudirman-Thamrin Jakarta beberapa waktu lalu merupakan settingan.

"Ya saya gimana bisa nyetting itu, saya itu gak kenal, saya mau ke Jakarta itu gak tahu mau ke mana, maksudnya saya gak hafal jalannya, ya gimana mau nyetting," ujar Risma kepada wartawan saat mengunjungi Balai Karya "Pangudi Luhur" Bekasi, Jumat (8/1/2020).

Baca Juga: Tagar AniesGubernurGagal Jadi Trending, Warganet Bahas Blusukan Risma

1. Risma biasa bertemu gelandangan sejak jadi wali kota Surabaya

Blusukannya Dituduh Settingan, Risma: Gimana Nyetting, Saya Gak Kenal Mensos Risma Blusukan Temui Pemulung dan Gelandangan di Bantaran Sungai Ciliwung, Senin (28/12/2020) (Dok. Kemensos)

Risma mengungkapkan, aksinya menemui penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) di Jakarta bukan hal yang dibuat-buat, sebab kegiatan bertemu dan berbincang dengan tunawisma atau gelandangan sudah dia lakukan sejak menjadi wali kota Surabaya.

"Bukan hanya sejak jadi mensos, saya setiap hari berangkat ke kantor melalui jalan berbeda selalu memperhatikan orang-orang itu. Saya tidak tahu jalan di Jakarta, apa yang saya temui dan lihat, itu yang saya ajak bicara," imbuhnya.

2.Wagub DKI terkejut ada gelandangan di Jalan Sudirman-Thamrin

Blusukannya Dituduh Settingan, Risma: Gimana Nyetting, Saya Gak Kenal Mensos Risma bujuk gelandangan di Jalan Thamrin agar tinggal di Balai Rehabilitasi Sosial Eks Gelandangan dan Pengemis “Pangudi Luhur”, Bekasi, Senin (4/1/2021) (Dok. Kemensos )

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengaku terkejut karena baru mendengar keberadaan gelandangan di wilayah tersebut. Apalagi sejak dia berada di Jakarta selama puluhan tahun, menurutnya tak pernah ada tunawisma hidup di kawasan protokol Sudirman-Thamrin yang notabene adalah pusat kota.

"Terkait dengan adanya tunawisma di Jalan Sudirman-Thamrin memang saya sendiri sudah hidup di Jakarta sejak umur empat tahun baru denger ada tunawisma di Jalan Sudirman-Thamrin," kata dia.

3. Risma dituduh settingan blusukan bertemu tunawisma

Blusukannya Dituduh Settingan, Risma: Gimana Nyetting, Saya Gak Kenal Mensos Risma bujuk gelandangan di Jalan Thamrin agar tinggal di Balai Rehabilitasi Sosial Eks Gelandangan dan Pengemis “Pangudi Luhur”, Bekasi, Senin (4/1/2021) (Dok. Kemensos )

Sebelumnya tudingan settingan blusukan Risma saat menemui seorang gelandangan di Jakarta viral di media sosial.

Sebuah akun Twitter membuat unggahan foto yang memperlihatkan 2 orang tunawisma sedang makan di sebuah kantin. Unggahan tersebut mengklaim bahwa blusukan Menteri Sosial Tri Rismaharini hanya settingan atau sudah diatur untuk keperluan pencitraan.

Faktanya, kedua orang tersebut diajak oleh Risma makan di sebuah kantin di Kementerian Sosial sebelum dibawa ke Balai Karya "Pangudi Luhur" Bekasi.

Baca Juga: Blusukan Risma, Nasdem: Gelandangan Ada yang Rumahnya Bagus di Desa

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya