Comscore Tracker

BMKG: Hujan Deras Disertai Petir Landa Jabodetabek Malam Ini

Bendungan Katulampa sempat siaga 1

Jakarta, IDN Times - Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati mengungkapkan, berdasarkan monitoring Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir berpotensi terjadi di sebagian besar wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi, Senin (21/9/2020) malam ini.

"Ada pun kondisi tersebut dapat diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 22.00 WIB," ujarnya dalam siaran tertulis yang diterima IDN Times.

1. Hujan di daerah Tanah Abang dan sekitarnya

BMKG: Hujan Deras Disertai Petir Landa Jabodetabek Malam IniIlustrasi Suasana Hujan di Perkotaan (IDN Times/Besse Fadhilah)

Raditya merinci wilayah yang berpotensi terjadi hujan meliputi Tanah Abang di Jakarta Pusat, Kebon Jeruk dan Palmerah di Jakarta Barat.

Kemudian daerah Setiabudi, Mampang Prapatan, Pasar Minggu, Kebayoran Lama, Cilandak, Kebayoran Baru, Pancoran, Pesanggrahan di Jakarta Selatan, serta Kramatjati dan Cipayung di Jakarta Timur.

Baca Juga: Katulampa Siaga I, Wali Kota Bima Arya Telepon Anies Peringatkan DKI

2. Potensi hujan akan terus meluas

BMKG: Hujan Deras Disertai Petir Landa Jabodetabek Malam IniIlustrasi Suasana Hujan di Perkotaan (IDN Times/Besse Fadhilah)

Di sisi lain, potensi cuaca yang sama juga dapat meluas ke wilayah meliputi Tambora, Grogol Petamburan, Taman Sari, Cengkareng dan Kembangan di Jakarta Barat, serta Sawah Besar, Kemayoran, Gambir, Senen di Jakarta Pusat.

Lalu Cempaka Putih, Menteng dan Johar Baru di Jakarta Pusat, Pulogadung, Jatinegara, Matraman, Pasar Rebo, Duren Sawit, Makasar dan Ciracas di Jakarta Timur, Cilincing di Jakarta Utara, Tebet dan Jagakarsa di Jakarta Selatan.

3. Wilayah Bekasi, Tangerang, dan Depok juga hujan

BMKG: Hujan Deras Disertai Petir Landa Jabodetabek Malam IniIlustrasi Suasana Hujan di Perkotaan (IDN Times/Besse Fadhilah)

Kemudian hujan disertai petir juga melanda Ciledug, Pinang, Larangan di Kota Tangerang, Babelan, Sukawangi dan Cibarusah di Kabupaten Bekasi, Bantar Gebang dan Jati Sempurna di Kota Bekasi, Cimanggis di Kota Depok, Curug dan Kelapa Dua di Kabupaten Tangerang, Serpong Utara, Pondok Aren, Ciputat, Ciputat Timur di Kota Tangerang Selatan dan sekitarnya.

Selanjutnya Batuceper, Tangerang, Cibodas, Neglasari, Jatiuwung, Cipondoh, Karawaci, Periuk dan Karang Tengah di Kota Tangerang, Tigaraksa, Cisauk, Pasar Kemis, Cikupa, Panongan, Legok dan Pagedangan di Kabupaten Tangerang, Serpong dan Pamulang di Tangerang Selatan, Tarumajaya di Kabupaten Bekasi, Pondok Gede, Jatiasih dan Pondok Melati di Kota Bekasi dan Cinere di Kota Depok.

4. Bendungan Katulampa di Bogor, Jawa Barat, berstatus siaga 1

BMKG: Hujan Deras Disertai Petir Landa Jabodetabek Malam IniBendung Katulampa (ANTARA FOTO/M Fikri Setiawan)

Sebelumnya diberitakan IDN Times, Bendungan Katulampa di Bogor, Jawa Barat berstatus siaga 1 atau awas. Berdasarkan data yang dirilis Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, ketinggian air di Katulampa telah mencapai 240 cm dengan kondisi hujan.

BPBD meminta masyarakat di sejumlah wilayah bersiaga. Sebab, air dari Katulampa akan tiba di ibu kota dalam waktu 6-9 jam ke depan.

Baca Juga: Bendung Katulampa Siaga 1, Jakarta Diminta Waspada Banjir

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya