BMKG Peringatkan Cuaca Ekstrem Bibit Siklon Tropis 99S, NTT Terdampak

Cuaca ekstrem akibat Bibit Siklon Tropis 99S

Jakarta, IDN Times - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebagai Jakarta Tropical Cyclone Warning Center (TCWC) sejak 2 April 2021, telah mendeteksi adanya Bibit Siklon Tropis 99S yang mulai terbentuk di sekitar Laut Sawu, Nusa Tenggara Timur (NTT).

BMKG menyebutkan keberadaan Bibit Siklon Tropis 99S berpotensi menimbulkan terjadinya cuaca ekstrem yang signifikan berupa hujan sangat deras, angin kencang, gelombang laut tinggi, hingga berdampak pada terjadinya bencana hidrometeorologi di beberapa wilayah di NTT.

Baca Juga: Bertambah, 54 Orang Meninggal Akibat Banjir Bandang dan Longsor di NTT

1. Bibit Siklon Tropis 99S berada di posisi Perairan Kepulauan Rote

BMKG Peringatkan Cuaca Ekstrem Bibit Siklon Tropis 99S, NTT Terdampak

Berdasarkan analisis terbaru pada 4 April 2021 pukul 19.00 WIB, Bibit Siklon Tropis 99S berada di posisi Perairan Kepulauan Rote, NTT, 10.3 Lintang Selatan dan 123.5 Bujur Timur atau sekitar 24 km sebelah barat daya Kupang.

"Dengan arah pergerakan sistem ke arah timur hingga timur laut dengan kecepatan 3 knots (6 km/jam) bergerak menjauhi wilayah Indonesia. Kecepatan angin maksimum di sekitar sistemnya adalah 30 knots (55 km/jam) dengan tekanan di pusat sistemnya mencapai 996 hPa," ujar Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam siaran pers, Minggu, 4 April 2021 malam.

2. Bibit Siklon Tropis 99S diperkirakan akan terjadi selama 6 hingga 12 jam

BMKG Peringatkan Cuaca Ekstrem Bibit Siklon Tropis 99S, NTT Terdampak

Diperkirakan intensitas Bibit Siklon Tropis 99S masih akan menguat dan mencapai intensitas siklon tropis pada dini hingga pagi hari, atau 6-12 jam ke depan, sekitar pukul 18 UTC atau 01.00 WIB pada 5 April 2021.

"Mengingat bahwa sistem sikon tropis tersebut masih berada di
wilayah tanggung jawab Jakarta TCWC, maka nama siklon tropis yang akan diberikan adalah Seroja sesuai dengan urutan nama siklon tropis dari BMKG secara internasional," kata Dwikorita.

3. Posisi Bibit Siklon Tropis 99S diprediksi mengarah sekitar Samudra Hindia

BMKG Peringatkan Cuaca Ekstrem Bibit Siklon Tropis 99S, NTT TerdampakBibit Siklon Tropis 99S (Dok. BMKG)

Sementara, untuk prediksi hingga 24 jam ke depan, posisi Bibit Siklon Tropis 99S diprediksikan di sekitar Samudra Hindia sebelah barat daya Pulau Rote, 11.3 Lintang Selatam dan 120.0 Bujur Timur, atau sekitar 185 km sebelah selatan barat daya Waingapu.

"Dengan arah gerak sistem ke arah barat barat daya, kecepatan 9 knots (10 km/jam) bergerak menjauhi wilayah Indonesia. Kecepatan angin maksimum di sekitar sistemnya 45 knots (85 km/jam) dengan tekanan di pusat diprediksikan sekitar 980 hPa," ujar Dwikorita.

Baca Juga: [BREAKING] BMKG Keluarkan Peringatan Dini, Indonesia Timur Siaga 

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya