BPK Temukan Kejanggalan Pengadaan Alat Tes Antigen, DPR: Investigasi!

Kemenkes diduga lakukan keborosan anggaran negara

Jakarta, IDN Times - Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani Aher meminta temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tentang kejanggalan pengadaan alat tes antigen COVID-19 di Kementerian Kesehatan periode 2020-2021 diinvestigasi.

"Temuan BPK ini harus diinvestigasi karena sudah melanggar sejumlah ketentuan yang berlaku. Disinyalir sebagian alat tes tersebut tidak memenuhi spesifikasi aspek kedaluwarsa. Ini membuat negara mengalami kerugian yang tidak sedikit," kata Netty dalam keterangan tertulis, Selasa (31/5/2022).

Baca Juga: Dinkes DKI Tegaskan Tak Ada Pemborosan Pengadaan Rapid Tes Antigen

1. Pemerintah seharusnya melakukan kalkulasi

BPK Temukan Kejanggalan Pengadaan Alat Tes Antigen, DPR: Investigasi!Iustrasi rapid test corona (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Menurut Netty, pemerintah seharusnya cermat dalam melakukan kalkulasi pembelian agar tidak terjadi pemborosan anggaran.

"Ini menabrak Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2021 tentang pengadaan barang dan jasa di mana ada kewajiban bagi pihak yang terlibat pengadaan untuk mencegah pemborosan dan kebocoran uang negara," katanya.

2. Pengadaan alat tes antigen COVID-19 oleh Kemenkes tidak akurat

BPK Temukan Kejanggalan Pengadaan Alat Tes Antigen, DPR: Investigasi!Seorang warga melakukan tes cepat atau rapid test antigen di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah, Selasa (22/12/2020). ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Wakil Ketua Fraksi PKS mengatakan, laporan BPK menyebutkan bahwa pengadaan alat tes antigen COVID-19 oleh Kemenkes dilakukan tidak akurat.

"Misalnya, dengan melakukan pembelian tanpa menghitung ketersediaan stok di seluruh daerah. Akhirnya terjadi kelebihan stok alat tes antigen pada periode itu. Kebutuhan hanya 14 juta unit, namun stok mencapai 18,33 juta unit," kata Netty.

Baca Juga: BPKP Telusuri Potensi Kerugian dari Pengadaan Alat Poltekkes Mataram

3. Pengadaan dilakukan satu perusahaan yang sama

BPK Temukan Kejanggalan Pengadaan Alat Tes Antigen, DPR: Investigasi!Seorang perempuan melakukan tes cepat Antigen COVID-19 di Balai Laboratorium Kesehatan Pengujian dan Kalibrasi Dikes NTB di Mataram, NTB, Selasa (22/12/2020) (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Selain itu, pengadaan yang dilakukan perusahaan yang sama  menimbulkan tanda tanya. Untuk itu, persoalan kejanggalan pengadaan ini harus ditindaklanjuti dengan mengadakan investigasi mendalam dan menyeluruh.

"Perlu diselidiki apakah kejanggalan ini disengaja atau karena faktor kelalaian. Harus ada konsekuensi hukum dan penegakkan peraturan atas perkara ini. Jangan biarkan berlalu begitu saja," tambah Netty.

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya