BPOM Keluarkan EUA Vaksin COVID-19 Balita dan Anak Buatan Pfizer

Vaksin COVID-19 anak dengan platform mRNA Pfizer-BioNTech

Jakarta, IDN Times - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengeluarkan Izin Penggunaan Darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) untuk vaksin anak dan balita.

BPOM menerangkan EUA tersebut diberikan pada Vaksin Comirnaty Children yang digunakan untuk anak usia 5 hingga 11 tahun pada 29 November 2022, dan vaksin Comirnaty Children untuk usia 6 bulan hingga 4 tahun pada 11 Desember 2022 yang dikembangkan oleh Pfizer-BioNTech.

"Rilisnya Vaksin Comirnaty Children dan Vaksin Comirnaty Children di masyarakat telah menambah pilihan vaksinasi primer untuk anak dengan rentang usia 6 bulan sampai kurang dari 12 tahun, selain Vaksin inovac/Coronavac," ujar Kepala BPOM Penny L Lukito dalam siaran tertulis, Selasa (27/12/2022).

1. Vaksin COVID-19 anak dikembangkan platform mRNA Pfizer-BioNTech

BPOM Keluarkan EUA Vaksin COVID-19 Balita dan Anak Buatan PfizerIlustrasi vaksin Pfizer (Reuters/Dado Ruvic)

Dia menerangkan vaksin ini membantu pemenuhan terhadap kebutuhan vaksin COVID-19 serta keterbatasan jenis vaksin yang dapat digunakan untuk populasi anak saat ini.

"Sama halnya dengan Vaksin Comirnaty, Vaksin Comirnaty Children dan Vaksin Comirnaty Children merupakan vaksin COVID-19 dengan platform mRNA yang dikembangkan oleh Pfizer-BioNTech," terangnya.

Baca Juga: Sah! BPOM Izinkan Penggunaan Vaksin Inavac atau Vaksin Merah Putih

2. Vaksin Comirnaty Children tidak digunakan anak berusia 12 tahun ke atas

BPOM Keluarkan EUA Vaksin COVID-19 Balita dan Anak Buatan PfizerSeorang anak menerima vaksin COVID-19 Sinovac (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Meski demikian, Vaksin Comirnaty Children memiliki formulasi dan kekuatan yang berbeda dengan Vaksin Comirnaty untuk remaja dan dewasa.

"Sehingga Vaksin Comirnaty Children tidak dapat digunakan pada individu berusia 12 tahun ke atas,"imbuhnya.

Baca Juga: Mengenal Jenis Vaksin, Mulai dari Vaksin Hidup hingga Vaksin Vektor

3. Aturan dosis vaksin balita dan anak

BPOM Keluarkan EUA Vaksin COVID-19 Balita dan Anak Buatan Pfizerilustrasi vaksinasi COVID-19 pada anak-anak (northwell.edu)

Sebelumnya pada 14 Juli 2021, BPOM telah memberikan persetujuan EUA Vaksin Comirnaty untuk digunakan sebagai vaksinasi primer pada usia 12 tahun atau lebih. 

Setelah itu, BPOM kembali mengeluarkan persetujuan EUA Vaksin Comirnaty untuk penambahan posologi dosis booster untuk dewasa usia 18 tahun atau lebih pada tanggal 2 Januari 2022 (booster homolog) dan 11 Januari 2022 (booster heterolog).

Kemudian Pada 2 Agustus 2022, BPOM menyetujui penambahan posologi dosis booster pada anak kelompok usia 16-18 tahun sebagai perluasan EUA untuk Vaksin Comirnaty.

“Dosis Vaksin Comirnaty Children untuk vaksinasi primer adalah 3 mcg/0,2 mL yang diberikan dalam 3 dosis pemberian. Dua dosis pertama diberikan dalam rentang waktu 3 minggu, diikuti dengan dosis ketiga yang diberikan setidaknya 8 minggu setelah dosis kedua," katanya.

"Sementara dosis Vaksin Comirnaty Children untuk usia 5 sampai 11 tahun untuk vaksinasi primer adalah 10 mcg/0,2 mL, diberikan dalam 2 dosis dengan rentang waktu 3 minggu antara dosis pertama dan kedua,” imbuh Penny.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya