BPOM Keluarkan EUA Vaksin Covovax dari India untuk 18 Tahun ke Atas

Efikasi Vaksin Covovax mencapai 90,4 persen

Jakarta, IDN Times - Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI) telah menerbitkan Emergency Use Authorization (EUA) atau izin penggunaan darurat vaksin COVID-19 Covovax.

Kepala Badan POM RI, Penny K. Lukito mengatakan vaksin yang diproduksi Serum Institute of India Pvt. Ltd., India ini diperuntukkan orang dewasa berusia 18 tahun ke atas.

"Vaksin Covovax menjadi Vaksin COVID-19 ke-11 yang dapat digunakan di Indonesia ," ujar Penny dalam siaran tertulis dilansir laman pom.go.id, Jumat (19/11/2021).

1. Vaksin Covovax dapat digunakan untuk dewasa berusia 18 tahun ke atas

BPOM Keluarkan EUA Vaksin  Covovax dari India untuk 18 Tahun ke Atasilustrasi Vaksinasi COVID-19 (IDN Times/Herka Yanis).

Penny menambahkan,
Vaksin Covovax merupakan vaksin dengan teknologi platform rekombinan protein subunit glikoprotein spike menggunakan vaksin adjuvant Matrix-M1.

Untuk memastikan khasiat dan keamanan Vaksin Covovax telah memenuhi persyaratan evaluasi vaksin yang dikeluarkan oleh World Health Organization (WHO), SII juga telah melakukan uji klinik fase 2 dan 3 di India.
 
“Dari hasil evaluasi tersebut, Vaksin Covovax dapat digunakan untuk dewasa berusia 18 tahun ke atas dengan dosis 5 mikrogram (μg ) per dosis, diberikan sebanyak 2 kali dengan interval pemberian 21 hari,” ujar Penny.

 

Baca Juga: Kemenkes Yakin RI Bisa Capai 60 Persen Vaksinasi COVID-19 Akhir 2021

2. Efikasi vaksin Covovax atau keampuhan sampai 90,4 persen

BPOM Keluarkan EUA Vaksin  Covovax dari India untuk 18 Tahun ke Atasilustrasi vaksin COVID-19 (IDN Times/Aditya Pratama)

Penny menerangkan berdasarkan hasil pengamatan 7 hari setelah pemberian dosis kedua, efikasi vaksin Covovax atau keampuhan vaksin berkisar antara 89,7 persen sampai 90,4 persen pada semua kasus COVID-19 dengan berbagai tingkat keparahan,

"Sementara pada kasus dengan tingkat keparahan sedang sampai berat berkisar antara 86,9 persen sampai 100 persen. Efikasi vaksin pada kelompok lanjut usia berdasarkan uji klinis fase 3 di Inggris adalah 88,9 persen," bebernya.

Di samping itu, vaksin Covovax juga menunjukkan respons imun yang baik dari pengukuran 14 hari setelah pemberian vaksin Covovax dosis kedua.

3 Pemberian izin darurat bagi vaksin Covovax sudah berstandar internasional

BPOM Keluarkan EUA Vaksin  Covovax dari India untuk 18 Tahun ke AtasBPOM menggelar konferensi pers Use Authorization (EUA) vaksin COVID-19 Sinovac, Senin (11/1/2021) (Dok. BPOM)

Penny menegaskan keputusan pemberian izin darurat penggunaan vaksin Covovax sudah berstandar internasional yang mengedepankan pemenuhan persyaratan aspek keamanan, khasiat, dan mutu produk.

Selain itu, juga melalui pertimbangan ilmiah berdasarkan rekomendasi Komisi Nasional Penilaian Obat dan Vaksin COVID-19, Indonesia Technical Advisory Group of Immunization (ITAGI), serta asosiasi klinisi, termasuk saat menerbitkan EUA vaksin Covovax ini.

“Karena itu, kami kembali menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat atas kerja samanya yang memungkinkan vaksin ini segera rilis ke masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga: Ini Bocoran Harga Vaksin COVID Berbagai Merek untuk Booster Mulai 2022

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya