BPOM Pastikan Vaksin Moderna di RI Aman, Tidak Ada Partikel Asing

Sejumlah negara Eropa tarik peredaran vaksin Moderna

Jakarta, IDN Times - Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) memastikan, vaksin COVID-19 Moderna (Spikevax) produksi Rovi Pharma Industrial Services S.A., Spanyol, yang beredar di Indonesia memenuhi syarat.

Kepala BPO Penny Kusumastuti menerangkan BPOM telah melakukan sampling dan pengujian terhadap vaksin COVID-19 Moderna (Spikevax) produksi Rovi Pharma Industrial Services S.A., Spanyol.

"Hasilnya, tidak ditemukan adanya partikel asing, sehingga Vaksin COVID-19 Moderna (Spikevax) tersebut memenuhi syarat untuk digunakan di Indonesia," ujarnya dalam siaran tertulis, Kamis (28/4/2022).

Baca Juga: Vaksin Moderna Ditarik di Negara Eropa, BPOM Buka Suara

1 Ditemukan partikel asing pada salah satu vial vaksin COVID-19 Moderna

BPOM Pastikan Vaksin Moderna di RI Aman, Tidak Ada Partikel AsingVaksin Moderna (ANTARA FOTO/Maulana Surya)

Penny mengatakan, pengujian tersebut dilakukan setelah sejumlah negara Eropa menarik vaksin COVID-19 Moderna (Spikevax).

Penarikan tersebut dilakukan pada 1 bets vaksin COVID-19 Moderna (Spikevax) yang diproduksi di Rovi Pharma Industrial Services S.A., Spanyol dengan nomor bets 000190A.

"Penarikan dari peredaran ini dilakukan karena ditemukan adanya partikel asing pada salah satu vial vaksin COVID-19 Moderna bets tersebut," papar Penny.

2. Vaksin COVID-19 Moderna nomor bets 000190A didistribusikan di beberapa negara Eropa

BPOM Pastikan Vaksin Moderna di RI Aman, Tidak Ada Partikel Asingilustrasi vaksin Moderna (ANTARA FOTO/Umarul Faruq)

Penny menerangkan sesuai persetujuan penggunaan darurat Emergency Use Authorization (EUA) yang diberikan BPOM, Vaksin COVID-19 Moderna (Spikevax) diproduksi pada beberapa site di beberapa negara, salah satunya di Rovi Pharma Industrial Services S.A., Spanyol.

"Vaksin COVID-19 Moderna (Spikevax) dengan nomor bets 000190A didistribusikan di beberapa negara Eropa, yaitu Norwegia, Polandia, Portugal, Spanyol, dan Swedia," katanya.

Baca Juga: Kabar Baik, Penerima Vaksin Janssen Bisa Booster Moderna

3. BPOM akan mengikuti perkembangan informasi terkait penarikan Vaksin COVID-19 Moderna

BPOM Pastikan Vaksin Moderna di RI Aman, Tidak Ada Partikel AsingKepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Penny Kusumastuti Lukito, dalam konferensi pers Intensifikasi Pengawasan Pangan Selama Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri Tahun 2022. (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Penny menegaskan BPOM senantiasa mengawal keamanan, khasiat, dan mutu produk obat, termasuk produk Vaksin COVID-19 Moderna (Spikevax) sebelum dan sesudah beredar.

"BPOM juga terus mengikuti perkembangan informasi terkait penarikan Vaksin COVID-19 Moderna (Spikevax) bets 000190A di beberapa negara Eropa dan akan memperbarui informasi sesuai dengan data terbaru," katanya.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya