[BREAKING] BMKG: Titik Gempa Sukabumi Berada di Pelabuhan Ratu

Gempa bumi merupakan jenis gempa bumi dangkal

Jakarta, IDN Times - Gempa berkekuatan 5 Skala Richter mengguncang wilayah Sukabumi, Jawa Barat pada Selasa (10/3) pukul 17.18 WIB. Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan gempa bumi berlokasi di darat pada jarak 23 km arah Timur Laut Kota Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada kedalaman 10 km.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono dalam siaran tertulis menjelaskan, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal.

Dia mengungkapkan dampak gempa bumi terasa di daerah Cikidang, Ciambar, Cidahu, Kalapa Nunggal. Menurutnya daerah tersebut getaran dirasakan hampir semua penduduk.

"Di daerah Citeko, Sukabumi getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung sampai bergoyang, namun sampai saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut," imbuhnya.

Rahmat menghimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Selain itu, dia meminta agar masyarakat menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," katanya.

Baca Juga: Getaran Gempa Sukabumi Sempat Bikin Panik Peserta Rapat BNPB Jakarta

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya