Comscore Tracker

[BREAKING] Kemenkes Temukan Lagi 4 Kasus Mutasi Virus Corona B117

Jumlah tersebut di luar dua kasus yang sebelumnya ditemukan

Jakarta, IDN Times - Kementerian Kesehatan menemukan kembali empat kasus positif COVID-19 mutasi virus corona dari Inggris atau B117 dari pemeriksaan Whole Genome Sequencing. Jumlah tersebut di luar dua kasus yang sebelumnya ditemukan di Karawang, Jawa Barat, sehingga ada enam kasus mutasi virus baru ditemukan di Indonesia. Temuan didapatkan dalam kurun Januari hingga Februari 2021.

Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan RI Siti Nadia Tarmizi, mengatakan Kemenkes menerima informasi kasus positif COVID-19 mutasi virus corona B117 pada Senin (1/3/2021). Kasus tersebut merupakan hasil temuan dari 462 sampel yang diperiksa.

"Badan Litbangkes dan 16 laboratorium yang melakukan pemeriksaan Genome Sequencing, kami sampaikan jumlah kasus terkait B117 sebanyak 4 kasus dari pemeriksaan Genome Sequencing, saat ini," ujar Nadia dalam konferensi pers dipantau virtual, Senin (8/2/2021).

Nadia mengatakan Virus Corona adalah tipe virus RNA (ribonucleic acid) yang secara alami mudah mengalami mutasi dan mutasi memang merupakan kemampuan virus untuk bertahan hidup.

"Hingga saat ini, kami belum mendapatkan bukti ilmiah bahwa virus mutasi COVID-19 ini lebih tinggi tingkat keganasannya dibanding virus COVID-19 yang awal, namun, dari beberapa penelitian di negara lain menunjukkan varian virus baru ini lebih cepat menular,” imbuhnya.

Baca Juga: [Wansus] Eijkman Blak-blakan soal Mutasi Virus Corona B117 Masuk RI

Topic:

  • Dwifantya Aquina
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya