Calon Gubernur DKI Jakarta Dinilai Wajib Berpasangan dengan Tokoh NU 

Sejumlah tokoh NU menyiapkan diri masuk Pilkada DKI Jakarta

Jakarta, IDN Times - Menjelang berakhirnya masa jabatan Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta, sudah beredar nama-nama yang dianggap tepat menjadi pemimpin DKI pada Pilkada 2024 mendatang. 

Salah satu nama yang muncul adalah mantan Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany.

Menurut pengamat politik Moh Sholeh Basyari, calon Gubernur DKI Jakarta pada Pilkada 2024 wajib berpasangan dengan tokoh dari Nahdlatul Ulama (NU).

"Setidaknya ada tiga alasan kenapa wakilnya harus dari NU," kata Sholeh dikutip dari ANTARA, Selasa (17/5/2022)

Baca Juga: Airlangga Beri Sinyal Bakal Duetkan Sahroni-Airin di Pilgub Jakarta

1. Sejumlah tokoh NU menyiapkan diri masuk gelanggang Pilkada DKI Jakarta 2024

Calon Gubernur DKI Jakarta Dinilai Wajib Berpasangan dengan Tokoh NU Ilustrasi pilkada serentak. IDN Times/Mardya Shakti

Alasan pertama, kata Sholeh, yakni setelah pembubaran FPI warna Islam Betawi kembali ke habitat aslinya yakni NU. Kedua, Betawi dan NU adalah kekuatan utama sosial kemasyarakatan warga DKI.

"Ketiga, dengan mengambil unsur NU, lanskap politik yang dibangun Airin sebangun dengan komposisi suprastruktur politik nasional, yakni perpaduan nasionalis-nahdiyin," ujarnya.

Direktur Eksekutif Center For Strategic on Islamic and International Studies (CSIIS) itu juga mengungkapkan, sejumlah tokoh NU menyiapkan diri masuk gelanggang Pilkada DKI Jakarta 2024, antara lain, Ketua PWNU DKI Syamsul Maarif, Deputi 4 KSP Juri Ardiantoro, dan Wakil Ketua Umum PBNU Nusron Wahid.

2. Politikus Partai Gerindra minta doa agar Airin Rachmi Diany bisa pimpin Jakarta

Calon Gubernur DKI Jakarta Dinilai Wajib Berpasangan dengan Tokoh NU ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

Sebelumnya, politikus Partai Gerindra DKI Muhammad Taufik meminta keluarga besar Pengurus Cabang NU Jakarta Utara untuk mendoakan mantan Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany agar bisa memimpin Jakarta pada periode berikutnya.

"Mohon doanya agar Airin bisa pimpin Jakarta," katanya.

3. Taufik klaim tokoh yang dibawanya selalu menang di Pilgub DKI Jakarta

Calon Gubernur DKI Jakarta Dinilai Wajib Berpasangan dengan Tokoh NU Anies Baswedan usai Salat Jumat di Balai Kota DKI Jakarta (Dok. Istimewa)

Taufik mengungkapkan, selama ini beberapa calon gubernur DKI Jakarta yang dibawanya ke Jakarta Utara selalu memenangi pemilihan kepala daerah (pilkada).

"Pak Anies mulai dari Jakarta Utara, Pak Jokowi ditenteng dari Jakarta Utara, itu semua jadi, betul tidak? Saya bagian menenteng, Jokowi saya tenteng, Pak Anies saya tenteng, dan sekarang Ibu Airin," kata Taufik.

Baca Juga: Airin Harus Punya Modal Ini Kalau Mau Saingi Riza Jadi Cagub DKI 2024

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya