Catat! Pemkot Bekasi Mulai Gelar Vaksinasi Lansia Hari Ini 

Tahap dua ada 64.200 sasaran untuk semua kelompok

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat sudah mulai melakukan vaksinasi COVID-19 untuk lansia. Untuk vaksinasi tahap pertama, ada 5.200 lansia yang menjadi sasaran.

Vaksinasi lansia yang dimulai pada 15 -17 Maret ini digelar di 12 rumah sakit Kota Bekasi dan 42 puskesmas.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Bekasi Dezi Syukrawati mengungkapkan, vaksinasi lansia sebenarnya sudah berjalan sejak satu minggu lalu, namun metode pendaftaran diserahkan pada masing-masing fasilitas pelayanan kesehatan.

"Total vaksin yang diterima pada tahap dua sekitar 64.200 sasaran untuk semua kelompok. Saat ini prioritas vaksinasi lansia yakni lansia sehat dengan usia di atas 59 tahun," ujar Dezi saat dibuhungi IDN Times, Senin (15/3/2021)

Baca Juga: Bima Arya Genjot Vaksinasi di Bogor, Khusus Lansia Dilayani Drive Thru

1. Vaksinasi digelar di 12 rumah sakit dan 42 puskesmas

Catat! Pemkot Bekasi Mulai Gelar Vaksinasi Lansia Hari Ini Petugas medis memberikan penanganan kepada seorang pasien yang mengalami reaksi saat simulasi pemberian vaksin COVID-19 Sinovac di Puskesmas Kelurahan Cilincing I, Jakarta, Selasa (12/1/2021) (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Kepala Bagian Humas Kota Bekasi Sayekti Rubiah membenarkan bahwa kegiatan unuk vaksinasi lansia Kota Bekasi di mulai hari ini, di 12 rumah sakit dan 42 puskesmas.

"Saat ini sedang direncanakan vaksinasi massal untuk lansia," imbuhnya.

2. Vaksin tahap 2 yang sudah dikirim ke Kota Bekasi berjumlah 5.070 vial

Catat! Pemkot Bekasi Mulai Gelar Vaksinasi Lansia Hari Ini Pekerja melakukan bongkar muat Envirotainer berisi vaksin COVID-19 Sinovac setibanya dari Beijing di Terminal Cargo Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, 31 Desember 2020. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Dikutip dari laman bekasikota.go id, Dinas Kesehatan Kota dan fasilitas pelayanan kesehatan dapat mengatur jadwal dan jumlah lansia yang terdaftar di faskesnya, dengan mempertimbangkan ketersediaan vaksin. 

Vaksin yang sudah dikirim untuk Kota Bekasi tahap 2 berjumlah 5.070 vial dengan penggunaan 1:10. Artinya, alokasi untuk 50.700 dosis (25.350 sasaran vaksin) untuk 2 kali penyuntikan.

Pelaksanaan vaksinasi pada kelompok pelayanan publik diatur sesuai ketersediaan vaksin, di mana pemerintah daerah dapat menentukan kebijakan pembagian proporsi sasaran pelayan publik sesuai dengan kondisi tempat masing-masing, dengan tetap mempertimbangkan ketersediaan vaksin yang telah didistribusikan.

Baca Juga: Efek Samping Vaksinasi Lansia Biasanya Gatal-Gatal

3. Pendaftaran vaksinasi lansia melalui online

Catat! Pemkot Bekasi Mulai Gelar Vaksinasi Lansia Hari Ini Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin COVID-19 tahap kedua untuk warga lanjut usia (lansia) di UPT Puskesmas Ciampea, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (9/3/2021). ANTARA FOTO/Arif Firmansyah

Vaksin tahap 2 ini akan didistribusikan secara bertahap sesuai kapasitas produksi penyedia. Setelah termin 1 ini, akan ada distribusi vaksin yang direncanakan pada awal pertengahan Maret 2021.

Lebih lanjut, untuk memudahkan proses pendaftaran lansia (berusia di atas 60 tahun) sebagai penerima vaksinasi COVID-19 tahap kedua, Kementerian Kesehatan menyiapkan formulir pendaftaran online untuk Provinsi DKI Jakarta dan 33 ibu kota Provinsi lainnya di Indonesia.

Bagi lansia yang kesulitan dalam mengisi formulir dapat meminta bantuan anggota keluarga atau melalui pengurus RT/RW.

Tetap terapkan protokol kesehatan 3M dengan ketat, yakni memakai masker dengan benar, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta mencuci tangan pakai sabun dengan rutin agar mendapatkan perlindungan yang optimal.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya