Catat! Vaksin Sinovac Hanya untuk Anak-Anak Mulai 2022    

Vaksinasi anak usia 6-11 tahun dimulai Selasa besok

Jakarta, IDN Times - Kementerian Kesehatan akan memprioritaskan penggunaan vaksin COVID-19 Sinovac hanya untuk kelompok anak berusia 6 hingga 11 tahun mulai Januari 2022.

Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Maxi Rein Rondonuwu mengatakan, Sinovac hanya akan digunakan untuk vaksinasi anak-anak.

"Ini menjadi catatan sehingga untuk vaksin non Sinovac akan diprioritaskan untuk sasaran selain anak usia 6 sampai 11 tahun," ujar Maxi dalam siaran tertulisnya, Senin (13/12/2021).

Baca Juga: Jemaah Umrah Penerima Vaksin Sinovac Wajib Karantina 3 Hari

1. Vaksinasi anak usia 6 sampai 11 tahun mulai Selasa 14 Desember 2021

Catat! Vaksin Sinovac Hanya untuk Anak-Anak Mulai 2022    Ilustrasi vaksinasi siswa (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Maxi menegaskan, vaksinasi anak usia 6 sampai 11 tahun dimulai pada Selasa (14/12/2021), dengan jumlah sasaran vaksinasi 26,5 juta anak berdasarkan data sensus penduduk 2020.

''Kami harapkan hari Selasa 14 Desember, sudah dilakukan kick off di beberapa daerah yang akan kami tetapkan, dan selanjutnya itu secara bertahap sampai tahun depan akan kita lakukan vaksinasi semua anak usia 6 sampai 11 tahun,'' ujarnya.

2. ITAGI telah keluarkan rekomendasi vaksinasi anak

Catat! Vaksin Sinovac Hanya untuk Anak-Anak Mulai 2022    dr. Erika, Sp,JP.FIHA, spesialis jantung dan pembuluh darah RS Pusat Pertamina bersama Prof. DR. dr. Soedjatmiko, Sp.A(K), Msi (Anggota Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional, ITAGI)) dalam dialog produktif bertema Indonesia Siapkan Vaksin di Jakarta, Rabu, (4/13)/Dok. Kominfo

Maxi mengatakan, pelaksanaan vaksinasi untuk anak sesuai dengan Instruksi Presiden untuk segera melaksanakan vaksinasi pada anak 6-11 tahun.

Selain itu, Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) juga telah mengeluarkan rekomendasi pelaksanaan vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 6 sampai 11 tahun.

''Ini dilakukan betul-betul karena kita ingin mempercepat vaksinasi semua penduduk di Indonesia dan juga mencegah penularan COVID-19,'' ucap Maxi.

3. Pelaksanaan vaksinasi anak mulai di 11 provinsi

Catat! Vaksin Sinovac Hanya untuk Anak-Anak Mulai 2022    Ilustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Maxi menambahkan, pelaksanaan vaksinasi anak ini akan dilakukan secara bertahap. Tahap pertama, vaksinasi akan dilaksanakan di provinsi dan kabupaten/kota dengan kriteria cakupan vaksinasi dosis 1 di atas 70 persen, dan cakupan vaksinasi lansia di atas 60 persen.

"Sampai saat ini sebanyak 8,8 juta jiwa dari 106 kabupaten/kota dari 11 provinsi yang sudah memenuhi kriteria tersebut, yakni Banten, DI Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Utara, dan Bali," paparnya.

Baca Juga: Siap-Siap, Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun Mulai Besok!

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya