Cegah Stunting: Penuhi Gizi Seribu Hari Pertama Bayi dengan ASI

Ada tiga bahan alami yang bisa melancarkan ASI

Jakarta, IDN Times - Penurunan angka stunting di Indonesia masih menjadi pekerjaan rumah pemerintah hingga saat ini. Salah satu faktor pemicu stunting adalah pemenuhan gizi yang belum tercukupi sejak dalam kandungan hingga bayi lahir.  

Dokter konselor ASI dr. Ameetha Drupadi mengungkapkan 1000 hari pertama kehidupan menjadi faktor yang sangat penting untuk mencegah stunting.

"Makanya ibu harus mendapatkan asupan makanan bergizi dari kehamilan hingga kelahiran, karena menjadi tahapan penting dalam awal-awal kehidupan," ujarnya saat dalam launching Asimor secara virtual di YouTube, Selasa (21/4).

2. WHO dan UNICEF merekomendasikan inisiasi menyusui dini pada 1 jam pertama

Cegah Stunting: Penuhi Gizi Seribu Hari Pertama Bayi dengan ASIIlustrasi kegiatan posyandu. ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas

WHO dan UNICEF pun merekomendasikan inisiasi menyusui dini pada 1 jam pertama setelah ibu melahirkan sang buah hati.

"Selain itu ibu harus menyusui eksklusif dengan tidak memberikan makanan dan minuman apa pun termasuk air putih. Hindari juga penggunaan botol dan empeng," ujarnya.

2. Tiga bahan alami bisa melancarkan ASI

Cegah Stunting: Penuhi Gizi Seribu Hari Pertama Bayi dengan ASIhallo sehat

Dr Ameetha menambahkan ada tiga bahan alami yang telah diteliti dan teruji untuk memperlancar ASI, yakni ikan gabus, daun katuk, dan daun torbangun.

"Ikan gabus merupakan ikan air tawar yang dapat memberikan nutrisi penting untuk membantu pertumbuhan anak. Selanjutnya, daun katuk terbukti meningkatkan produksi ASI. Dan daun torbangun tinggi kadar zinc, zat besi, kalium, dan magnesium yang bisa meningkatkan berat badan bayi," jelasnya.

3. Suami juga harus aktif agar ASI istri lancar

Cegah Stunting: Penuhi Gizi Seribu Hari Pertama Bayi dengan ASIUpaya pencegahan stunting. ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas

Selain itu, menurut dr Ameetha, saat istri menyusui, suami juga harus aktif dan bersikap positif. Suami juga wajib memperluas pengetahuan tentang menyusui dan punya inisiatif untuk mendekatkan diri dengan sang istri.

"Jadi misalnya suami memijat punggung istri dengan nyaman sehingga ada interaksi serta dapat meningkatkan hormon oksitosin yang dapat memperlancar ASI," imbuhnya.

Baca Juga: Menyusui Ternyata Gak Hanya Tugas Ibu, Yuk Ikut Kelas Ayah ASI!

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya