Cek Balai Kerja, Heru Budi Harap Pengangguran di Jakarta Bisa Ditekan

Disnakertrans buka beragam pelatihan

Jakarta, IDN Times - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono meninjau balai pelatihan kerja Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Pelatihan Kerja Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi DKI Jakarta di Ciracas, Jakarta Timur, Kamis (8/6/2023).

Selama hampir 30 menit, Heru berkeliling dari Sarana Pelatihan Mobile Training Unit (MTU), lanjut ke Workshop Pelatihan Kerja Pusat Pelatihan Kerja Pengembangan Industri (Kejuruan Teknologi Mekanik dan Teknik Pendingin), dan bazaar Jakpreneur di Gedung Coworking Space.

"Tadi saya melihat hasil karya anak bangsa, bahwa ini hasil pelatihan, bisa langsung usaha sendiri dan seterusnya," ujar Heru usai meninjau pelatihan.

Baca Juga: Polusi Udara Jakarta Ranking 3 Dunia, Heru Budi: Pemprov akan Berbenah

1. Pelatihan diharapkan tekan angka penganguran

Cek Balai Kerja, Heru Budi Harap Pengangguran di Jakarta Bisa DitekanIlustrasi bursa lowongan kerja. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Heru menambahkan, adanya pelatihan yang digelar Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi DKI Jakarta bisa menekan angka pengangguran di Jakarta yang semakin meningkat.

"Ya, makanya dilatih, yang mau pelatihan" imbuhnya.

Baca Juga: Pemprov DKI Optimistis Jakarta Fair 2023 Sumbang Rp7,5 Triliun

2. Disnakertrans buka berbagai pelatihan

Cek Balai Kerja, Heru Budi Harap Pengangguran di Jakarta Bisa DitekanPj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono meninjau lokasi pelatihan kerja di Pusat Pelatihan Kerja Pengembangan Industri Pasar Rebo, Ciracas, Jakarta Timur, Kamis (8/6/2023). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Kadisnakertrans dan Energi DKI Jakarta, Hari Nugroho, mengatakan, pihaknya sudah membuka berbagai macam pelatihan. Mulai dari pengelasan, pelatihan komputer, dan lainnya, yang seluruhnya berjumlah 21 kelas. Sekitar 420 peserta akan menjalani pelatihan selama 60 hari dan mendapatkan sertifikat resmi.

"Jadi warga kita yang ber-KTP DKI yang belum bekerja atau yang sedang mengalami pasca-PHK masuk kategori pelatihan. Mereka kita didik, kita latih, mendapatkan sertifikat, bisa kerja di perusahaan, bahkan menjadi wirausaha baru. Kita tidak ada batas usia untuk pelatihan, minimal berusia 17 tahun," ujar Hari Nugroho.

Baca Juga: DKI Antisipasi Lato-Lato, PMK dan Antraks pada Ternak Jelang Idul Adha

3. Disnakertrans akan upgrade peralatan

Cek Balai Kerja, Heru Budi Harap Pengangguran di Jakarta Bisa DitekanPj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono meninjau lokasi pelatihan kerja di Pusat Pelatihan Kerja Pengembangan Industri Pasar Rebo, Ciracas, Jakarta Timur, Kamis (8/6/2023). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Sesuai arahan Heru, pihaknya juga akan melakukan modernisasi peralatan yang akan digunakan untuk pelatihan agar lebih optimal dalam menyiapkan tenaga kerja yang terampil mengikuti perkembangan zaman.

"Kita butuh modernisasi peralatan. Karena saat selesai pelatihan, kita kan segera melakukan sertifikasi. Jadi begitu kerja, mereka tidak bingung dengan dunia industri yang diinginkan pasar saat ini. 

"Industri sekarang kan peralatannya sudah sangat maju. Dengan ditambah peralatan modern, maka mereka yang kita didik akan memiliki sertifikat dan langsung terpakai di dunia industri," jelas Hari.

Baca Juga: Polemik Gedung Kedubes AS Tutup Trotoar, Heru Hubungi Kemenlu

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya