[CEK FAKTA] Ambulans Kosong Mondar-mandir untuk Menebar Rasa Takut?

Cek faktanya dulu yuk

Jakarta, IDN Times - Jagat media sosial sempat dihebohkan oleh informasi adanya mobil ambulans kosong yang mondar-mandir di jalanan Jakarta. Dalam narasi yang beredar, ambulans tersebut sengaja sengaja mondar-mandir untuk menebar ketakutan dan kepanikan di masyarakat.

"Ambulan kosong sengata muter2 ciptakan kepanikan biar warga mau di swab dan vaxx kaga semenggah," demikian tulis narasi yang veredar, baik melalui pesan berantai atau media sosial.

Benarkah ambulans kosong sengaja mondar-mandir untuk menebar ketakutan?

1. Ambulans pergi ke tempat dekontaminasi

[CEK FAKTA] Ambulans Kosong Mondar-mandir untuk Menebar Rasa Takut?Petugas mengendarai mobil layanan Ambulans Gawat Darurat (AGD) di Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, Jakarta, Jumat (25/6/2021). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra.

Tim Jalahoaks yang berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta menegaskan informasi yang beredar adanya ambulans kosong atau tidak membawa pasien mondar mandir di jalanan Jakarta tidak benar.

"Ambulans akan pergi ke tempat dekontaminasi, pembersihan ambulans/disinfektan. Untuk ambulans gawat darurat, tempat dekontaminasi di Sunter," demikian penjelasan dari laman data.jakarta.go.id, Rabu(7/7/2021).

Baca Juga: Informasi Lengkap RS, Oksigen, Ambulans, Cek Situs Wargabantuwarga

2. Banyak masyarakat salah memahami

[CEK FAKTA] Ambulans Kosong Mondar-mandir untuk Menebar Rasa Takut?Ilustrasi ambulans (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Ambulans yang sedang dalam perjalanan dari rumah sakit ke tempat dekontaminasi di Sunter tentu dalam keadaan kosong atau tidak membawa pasien. Ambulans kosong ini yang kemudian dipahami secara keliru oleh masyarakat.

"Banyak masyarakat menyalahartikan," imbuhnya. Ia mengatakan proses dekontaminasi memakan waktu 1 sampai 1,5 jam.

3. Ambulans kosong karena akan dibersihkan

[CEK FAKTA] Ambulans Kosong Mondar-mandir untuk Menebar Rasa Takut?Petugas mengendarai mobil layanan Ambulans Gawat Darurat (AGD) di Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, Jakarta, Jumat (25/6/2021). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra.

Jadi kabar mengenai mobil ambulans kosong mondar mandir di jalanan Jakarta untuk menebarkan rasa takut adalah hoaks.

Faktanya, ambulans akan pergi ke dari tempat dekontaminasi, pembersihan ambulans disinfektan. Saat perjalanan ambulans tentu tidak membawa pasien. 

Baca Juga: Duh! Ambulans Terjebak Macet di Pos Penyekatan Lenteng Agung

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya