Comscore Tracker

[CEK FAKTA] Heboh Satu Keluarga di Jakarta Terinfeksi Varian Omicron

Kemenkes tegaskan Omicron belum masuk Indonesia

Jakarta, IDN Times - Media sosial dihebohkan dengan sebuah pesan berantai yang menginformasikan bahwa virus COVID-19 varian baru Omicron di Jakarta.

Kabar tersebut menyebutkan ada satu keluarga yang saat ini tengah menjalani perawatan di rumah sakit karena terinfeksi covid varian baru. Pesan tersebut mengimbau agar warga waspada.

"Just Info semua warga, varian baru sudah ada di Jakarta. Ini info dari sepupuku yang bekerja di Mayapada. Mayapada sudah menampung satu keluarga mereka sudah vaksin 2 kali," tulis pesan berantai di aplikasi Whatsapp, Rabu (8/12/2021).

1. Lima keluarga di Lebak Bulus dikabarkan terinfeksi Omicron

[CEK FAKTA] Heboh Satu Keluarga di Jakarta Terinfeksi Varian OmicronRSUP Fatmawati (Twitter.com/@HumasFatmawati)

Pesan serupa yang beredar juga  juga mengabarkan lima keluarga terserang virus Omicron dan saat ini masih menjalani isolasi mandiri dan mendapat perawatan di Rumah Sakit Fatmawati, Jakarta

"Dari temanku yang tinggal di Lebak Bulus sudah ada 5 keluarga yang kena covid varian baru. 3 org infus di rumah isoman sedangkan 2 jalani perawatan di RS Fatmawati, sediiih," tulis pesan tersebut.

Baca Juga: Omicron Mengganas, WHO: Negara Eropa Jangan Asal Wajibkan Vaksin COVID

2. Kemenkes tegaskan varian baru belum ditemukan di Jakarta

[CEK FAKTA] Heboh Satu Keluarga di Jakarta Terinfeksi Varian OmicronJuru bicara vaksin dari Kementerian Kesehatan, dr. Siti Nadia Tarmizi (Tangkapan layar YouTube Kemenkes)

Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi menegaskan pesan berantai tersebut hoaks atau tidak benar. Sebab sampai saat ini belum ditemukan kasus varian baru Omicron di Jakarta.

"Sampai saat ini hasil genome sequensing kita belum mendeteksi ya," ujarnya saat dihubungi IDN Times.

3. Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta terus analisa genome sequencing

[CEK FAKTA] Heboh Satu Keluarga di Jakarta Terinfeksi Varian OmicronIlustrasi mobilitas masyarakat selama PPKM Darurat (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Dikutip akun Jalahoaks, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta menyatakan bahwa kasus COVID-19 varian Omicron sudah ditemukan Jakarta adalah tidak benar.

"Sampai saat ini, belum ditemukan kasus COVID-19 varian Omicron di Jakarta dan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta terus melakukan analisa genome sequencing untuk mengantisipasi hal tersebut," tulis akun tersebut.

Baca Juga: Gegara Omicron, Pemerintah Tunda Keberangkatan Umrah Jemaah Indonesia

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya