[Cek Fakta] Ma'ruf Amin: Jokowi Terpilih 3 Periode Bayar Pakai Kartu 

Cek faktanya sebelum infonya dibagikan kemana-mana  ya

Jakarta, IDN Times - Baru-baru ini sebuah tangkapan layar artikel yang menyebutkan Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengkampanyekan Presiden Joko "Jokowi" Widodo untuk terpilih di periode ketiga beredar di media sosial.

Judul artikel tersebut menuliskan  bahwa jika Jokowi terpilih lagi menjadi presiden untuk ketiga kali maka ibu-ibu cukup bayar menggunakan kartu.

"Ma'ruf Amin: Kalau Jokowi Terpilih lagi 3 Periode Ibu-Ibu cukup bayar pakai kartu," tulis judul dalam artikel tersebut.

Benarkah Ma'ruf Amin melakukan kampanye tersebut?

1. Kominfo menegaskan artikel yang beredar hasil editan

[Cek Fakta] Ma'ruf Amin: Jokowi Terpilih 3 Periode Bayar Pakai Kartu Berita yang beredar di media sosial hasil suntingan/Kominfo

Dilansir laman resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika RI dijelaskan bahwa klaim Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyebutkan apabila Jokowi terpilih lagi 3 periode, ibu-ibu cukup bayar pakai kartu adalah tidak benar.

Faktanya, artikel unggahan tersebut merupakan hasil editan suatu berita di media online.

Baca Juga: Wapres Ma'ruf Amin minta BPKH Susun Strategi Investasi Dana Haji 

2. Kampanye dilakukan saat Pemilu 2019

[Cek Fakta] Ma'ruf Amin: Jokowi Terpilih 3 Periode Bayar Pakai Kartu ANTARA FOTO/Rahmad

Wakil Presiden Ma’ruf Amin memang pernah memberikan penjelasan tentang membayar dengan kartu, namun hal tersebut dilakukan saat kampanye Pemilu 2019.

Menurut laporan Turnbackhoax, pemberitaan tersebut pernah ditayangkan pada laman Wartakota artikel berjudul "Ma'ruf Amin: Ibu-ibu Tinggal Keluarkan Kartu Jika Jokowi Jadi Presiden Lagi, Enggak Pakai Duit" yang terbit pada 28 Februari 2019.

Berita serupa juga juga ditulis oleh Liputan6.con yang berjudul "Ma'ruf Amin: Kalau Jokowi Terpilih, Ibu-Ibu Bayar Tinggal Pakai Kartu" yang tayang pada tanggal dan tahun yang sama. 

Saat kampanye tersebut,  Ma'ruf Amin yang menjadi Pasangan Calon Nomor Urut 01 pada Pemilu 2019 ini menunjukkan kemudaham dari kartu sembako murah, Kartu Indonesia Pintar hingga Kartu Pra Kerja.

3. Artikel yang dibagikan hoaks

[Cek Fakta] Ma'ruf Amin: Jokowi Terpilih 3 Periode Bayar Pakai Kartu Ilustrasi hoaks (IDN Times/Sukma Shakti)

Dengan demikian, artikel dengan judul "Ma'ruf Amin: kalau Jokowi terpilih lagi 3 periode ibu-ibu cukup bayar pakai kartu" adalah pernyataan yang tidak benar.

Faktanya, Amin saat itu tidak  mengatakan ibu-ibu bayar pakai kartu jika Jokowi terpilih lagi tiga periode.

Baca Juga: Soal Penundaan Pemilu, Ma'ruf Amin: Kami Hanya Berpikir Sampai 2024

Topik:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya