[CEK FAKTA] Pasukan Tentara Indonesia Berangkat ke Palestina? 

Cek dulu faktanya sebelum dibagikan yuk

Jakarta, IDN Times - Sebuah video dari platform TikTok diklaim sebagai potongan gambar detik-detik pasukan tentara Indonesia dikirim ke Palestina viral di media sosial. Video tersebut diunggah akun Facebook Lindha Vhiio pada 15 Mei 2021 dengan narasi para pejuang negeri bisa segera menyelamatkan warga Palestina.

"Semangat para pejuang negri ku Do'a Kami selalu menyertai Langkah kalian. Semoga sodara kita disana bisa segera terselamat kan TAKBIR(ALLAHUAKBAR 3×) #Save_PALESTINA #INDONESIA" tulisnya

Lalu benarkah tentara Indonesia dikirim ke Palestina?

Baca Juga: Gelar Aksi Bela Palestina, Ribuan Buruh KSPI Siap Turun ke Jalan

1. Video diklaim dengan narasi detik detik keberangkatan pasukan tentara Indonesia ke Palestine

[CEK FAKTA]   Pasukan Tentara Indonesia Berangkat ke Palestina? Cek Fakta Video "Detik Detik Keberangkatan Pasukan Tentara Indonesia ke Palestina". (facebook.com/Adi Syafitrah/turnbackhoax.id)

Dalam video TikTok yang diunggah akun tersebut terlihat pasukan sedang bersujud dan di belakangnya terdapat sebuah pesawat.

Selain itu juga terdapat narasi, "SELAMAT BERJUANG PAHLAWAN BANGSA SEMOGA ALLAH SWT MELINDUNGI MU" dan "Detik Detik Keberangkatan Pasukan Tentara Indonesia ke Palestine"

2. Video tersebut bukan pasukan Indonesia yang berangkat ke Palestina

[CEK FAKTA]   Pasukan Tentara Indonesia Berangkat ke Palestina? Cek Fakta Video "Detik Detik Keberangkatan Pasukan Tentara Indonesia ke Palestina". (facebook.com/Adi Syafitrah/turnbackhoax.id)

Dikutip akun Forum Anti Fitnah, hasut dan hoaks, serta IndonesiaHoaxes yang merupakan komunitas antihoaks, video tersebut bukanlah pasukan Indonesia yang berangkat ke Palestina.

Video itu merupakan saat-saat kedatangan 187 Personel Satgas TNI Konga UNIFIL Chalk 4 di Bandara Internasional Soekarno Hatta pada 27 Januari 2021 usai melaksanakan tugas misi perdamaian di Lebanon.

Baca Juga: Deretan Pernyataan Keras Jokowi Mengutuk Serangan Israel ke Palestina

3. Video identik dengan foto 187 personel satgas TNI Konga UNIFIL Chalk 4 tiba di Tanah Air

[CEK FAKTA]   Pasukan Tentara Indonesia Berangkat ke Palestina? Cek Fakta Video "Detik Detik Keberangkatan Pasukan Tentara Indonesia ke Palestina". (facebook.com/Adi Syafitrah/turnbackhoax.id)

Foto yang identik dengan suasana di video itu diunggah oleh akun Twitter resmi milik Puspen TNI pada 27 Januari 2021 dengan narasi: "187 Personel Satgas TNI Konga UNIFIL Chalk 4 Tiba di Tanah Air #tni #puspentni #satgas #mtf #unifil #pmpp #un #peacekeeper #Lebanon".

Di unggahan tersebut, terdapat juga tautan artikel berjudul "187 Personel Satgas TNI Konga UNIFIL Chalk 4 Tiba di Tanah Air" yang terbit di situs tni.mil.id pada Rabu, 27 Januari 2021.

 

 

4. Video yang diklaim dengan narasi keberangkatan pasukan tentara Indonesia ke Palestina merupakan hoaks

[CEK FAKTA]   Pasukan Tentara Indonesia Berangkat ke Palestina? IDN Times/Sukma Shakti

Dilansir dari situs tersebut, video tersebut berisi rekaman Satuan Tugas TNI Kontingen Garuda (Konga) United Nations Interim Forces in Lebanon (UNIFIL) Chalk 4 sebanyak 187 terdiri dari 4 prajurit MPU, 1 prajurit MCO, 1 prajurit CIMIC, dan 115 prajurit TNI AD, 55 Prajurit TNI AL, 17 prajurit TNI AU, termasuk di dalamnya 4 prajurit Wanita TNI tiba di Tanah Air seusai melaksanakan Misi PBB, bertempat di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Rabu (27/1/2021).

Komandan Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) TNI Mayjen TNI Victor H. Simatupang, M.Bus., diwakili Komandan PSOPP PMPP TNI Kolonel Adm Nanang F Surya, S.E. menyambut kedatangan Satgas TNI Konga UNIFIL Chalk 4.

Selanjutnya seluruh prajurit TNI melaksanakan karantina selama lima hari sesuai dengan protokol kesehatan di Hotel Grand Mercure, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Jadi video yang diklaim pasukan Indonesia dikirim ke Palestina adalah hoaks.

Hati-hati dalam menyebarkan atau mengunggah keterangan pada gambar atau video ya, guys. Pastikan informasi yang kamu bagikan bukan hoaks. 

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya